Terobosan dan Inovasi Kades Darmentuah Sinaga Kembangkan Ternak Sapi di Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kab. Serdang Bedagai.


Foto Kades Serbananti

Media Swara Semesta (23/9)

Kepala Desa Serbananti Kecamatan Sipispis kabupaten Serdang Bedagai, akan melakukan terobosan dan inovasi untuk kembangkan ternak sapi atau lembu dengan merubah pola pakan dari hijauan menjadi pakan hasil fermentasi yang mampu bertahan hingga 3 bulanan. 

Hampir 80% penduduk desa Serbananti telah menggantungkan hidupnya dengan beternak sebagai penghasilan tahunan, dan dipandang perlu untuk mempersiapkan pola pakan ternak yang dapat bertahan lama seperti hasil fermentasi, ungkap Darmentuah Sinaga Kepala Desa Serbananti yang cerdas penuh inovasi.

Saya sebagai kepala desa, wajib mencarikan solusi bagi masyarakat Serbananti, terutama demi peningkatan ekonomi masyarakat melalui ternak sapi yang saat ini digeluti oleh 80% masyarakat kami, ucapnya.

Oleh sebab itu karena adanya permintaan masyarakat dan didorong oleh suatu keinginan yang sama untuk meperdalam soal peternakan sapi/lembu secara berkesinambungan maka dalam hal ini kelompok ternak dibutuhkan bagi masyarakat  sebagai wadah yang menaungi dan mengembangkan apa yang menjadi tujuan masyarakat, lanjutnya.

Tujuan kelompok ternak yang saya harapkan adalah sebagai wadah mengembangkan usaha peternakan dengan memperluas pemasaran hasil, mencari dan memperoleh informasi peternakan dengan inovasi teknologi secara berkelanjutan melalui pertukaran pengalaman dan fikiran antar sesama anggota serta memecahkan masalah yang dialami sehingga tujuannya demi peningkatan ekonomi peternak, tegas Kades yang memasuki periode kedua jabatannya sebagai Kepala Desa Serbananti.

Ketika ditanya tentang harapan kepada pemerintah daerah kabupaten maupun provinsi kedepannya melalui kelompok ternak yang akan dibentuk di desa Serbananti, Darmentuah Sinaga mengatakan "kita akan tunjukkan dulu kemandirian kita melalui BUMDes dalam penyediaan pakan ternak dengan harga terjangkau dan selanjutnya kita ajukan proposal ke dinas pertanian/peternakan untuk mendapatkan bimbingan, maupun lainnya, harap Sinaga kepada Pemerintah kabupaten, khususnya Dinas Pertanian/peternakan.

Kepada Dinas Pertanian/peternakan daerah kabupaten maupun provinsi diharapkan perhatiannya kepada masyarakat Desa Serbananti yang jumlah penduduknya mencapai 80% menggantungkan hidupnya dari beternak sapi/lembu dan dimohonkan untuk dapat dibantu agar upaya-upaya mereka sejak dini diperhatikan, sehingga kelompok peternak yang akan dibentuk segera terealisasi dan kedepannya berhasil, tutup Darmentuah Sinaga, Kades yang penuh semangat untuk memajukan desanya.


Wartawan : A'An Semesta


Terobosan dan Inovasi Kades Darmentuah Sinaga Kembangkan Ternak Sapi di Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kab. Serdang Bedagai. Terobosan dan Inovasi Kades Darmentuah Sinaga Kembangkan Ternak Sapi di Desa Serbananti, Kecamatan Sipispis, Kab. Serdang Bedagai. Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 23.9.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.