Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Aceh Diguncang Gempa M5,2, Warga di Beberapa Tempat Rasakan Guncangan Lemah

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (15/10/2020)

Aceh - Gempa bumi Magnitudo 5,2 yang mengguncang Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Kamis (15/10/2020), pukul 11.59.53 dirasakan warga di beberapa daerah. Namun, gempa tersebut tidak sampai menimbulkan kepanikan masyarakat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB menerima laporan tersebut dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Barat.

"Masyarakat di dua kabupaten tersebut merasakan guncangan gempa yang berada pada 22 km barat daya Meulaboh dan 45 km barat daya Nagan Raya, Provinsi Aceh. Berdasarkan pantauan di lapangan, gempa tidak menimbulkan kepanikan masyarakat," kata Raditya dalam siaran pers.

Sementara itu, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya menyebutkan, gempa bumi yang mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera tersebut memiliki parameter update dengan Magnitudo 5,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,02 Lintang Utara (LU) dan 95,89 Bujur Timur (BT).

Getaran gempa tersebut dirasakan dalam skala II Modified Mercalli Intensity (MMI) di wilayah Aceh Barat Daya, Aceh Selatan dan Banda Aceh. Kemudian skala III MMI di Aceh Jaya dan IV MMI di Nagan Raya.

"Parameter gempa mencatat gempa yang terjadi berada di kedalaman 27 km. Berdasarkan pemodelan, titik gempa yang berada di laut ini tidak berpotensi tsunami," kata Raditya.

Provinsi Aceh merupakan salah satu provinsi dengan kategori sedang hingga tinggi untuk bahaya gempa bumi. Berdasarkan analisis InaRISK, sebanyak 23 kabupaten dengan luas 2,7 juta hektare berada pada kawasan kategori tersebut. Populasi terpapar yang tersebar di kabupaten tersebut berjumlah 3,69 juta.


(Ins/an)

0 Comments