Gubsu Ungkap Penyebab Banjir di Medan: Hujan di Gunung-Semua Sungai Naik

Media Swara Semesta (6/12/2020)

Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi bercerita soal penyebab banjir di sejumlah wilayah Kota Medan. Edy menduga banjir terjadi karena hujan yang mengguyur wilayah pegunungan di Sumut.

"Di gunung sana hujan," kata Edy saat meninjau lokasi banjir, Sabtu (5/12/2020).

Akibat hujan ini, kata Edy, debit air di seluruh sungai di Sumut naik. Edy mengatakan seluruh sungai di Medan juga terdampak dari hujan ini.

"Lima sungai yang melintas di Kota Medan juga naik (airnya). Sungai Belawan, Sungai Sei Kambing, Sungai Mencirim, Sungai Deli, Sungai Babura, semua naik" ucapnya.

Edy mengatakan debit air sungai yang naik sebenarnya tidak bermasalah jika bendungan dan daerah aliran sungai (DAS) yang ada juga bagus. Dia yakin sungai diberikan Tuhan untuk menyejahterakan rakyat.

"Sungai ini diciptakan oleh Tuhan untuk kesejahteraan rakyat. Tapi kalau salah menanganinya, kita mengganggu alam, alam akan mengganggu kita," ujarnya.

Edy kemudian menjelaskan langkah yang akan dilakukan untuk menangani persoalan banjir yang terjadi pada Kamis (3/12/2020) lalu itu. Dia berjanji akan memperbaiki tanggul dan melakukan normalisasi sungai.

"Bukan hanya perbaikan tanggul, kita mengembalikan fungsi sungai kepada sungai yang sebenarnya, kita fungsikan. Dari dulu sungai ini kalau dia berfungsi sesuai dengan apa yang menjadikan tugas sungai untuk menyejahterakan rakyat ini," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah daerah di Kota Medan terendam banjir sejak Kamis (3/12) malam. Seperti yang terjadi di Gang Merdeka, Medan Maimun, banjir sempat mencapai ketinggian seatap rumah warga.

Banjir juga terjadi di Tanjung Selamat, Medan. Di lokasi ini banjir terjadi karena tanggul yang jebol. Akibat banjir ini ada lima warga yang dinyatakan meninggal dunia.

"Sampai sejauh ini lima orang meninggal dunia," kata Camat Sunggal Ismail saat dimintai konfirmasi, Jumat (4/12/2020).


(dr/an)

Gubsu Ungkap Penyebab Banjir di Medan: Hujan di Gunung-Semua Sungai Naik Gubsu Ungkap Penyebab Banjir di Medan: Hujan di Gunung-Semua Sungai Naik Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 5.12.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.