Kades Suka Damai Gunaren Komitmen Untuk Terus Kembangkan Waduk Embung dan Manfaatkan Sebagai Objek Wisata

Media Swara Semesta (10/12/2020)

Rokan hulu- Tak mau kalah dengan daerah disekitarnya, yang memiliki potensi keindahan komplek Bendungan embung Desa suka damai Kecamatan Tambusai Utara kabupaten Rokan hulu,kades suka damai, bakal dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata. Pemerintah desa (Pemdes) dan berkerja sama dengan pemuda Karang Taruna desa setempat, kades suka damai tengah merintis adanya obyek wisata, yang memiliki waduk embung didesa suka damai.

“Nanti di lokasi Embung ini akan dikemas sedemikian rupa agar menarik untuk wisata. Karang Taruna disini siap untuk mengembangkan dan mengelolanya,” kata Kepala Desa gunaren.

Suasana areal kolam atau embung ,akan di Rehab sebagai mana rupa, yang dirangkai dengan penanaman pohon penghijauan di komplek waduk embung, semula hanya dimanfaatkan untuk cadangan air penanganan ke Bakaran hutan dan lahan, karhutla di waktu di musim kemarau.

"Kini areal waduk Nantinya akan dikembangkan wahana indah wisata desa,dan juga menyediakan lahan pertanian palawija,persawahan dan bumi perkemahan,di areal lokasi Embung yang memiliki luas kurang Lebih 15 hektar ” jelasnya.

Tak hanya itu, di lokasi tersebut juga akan dibangun jalan di tengah persawahan menuju perbukitan yang ada.

Optimis, setelah pengembangan itu terwujud,akan menjadi obyek wisata yang luar biasa.juga guna mendukung menambah pengasilan perekonomian di masa pandemi ini,kepada warga yang berdagang di areal wisata.dan juga pengembangan ekonomi wisata yang ada di wilayah desa suka damai kecamatan Tambusai Utara.

rencana pengembangan areal embung menjadi obyek wisata. Bahkan langsung berbuat Pengembangan Daerah untuk segera melakukan perencanaan rehabilitasi dan akan.di bangun rumah adat Nusantara dan rumah Seni berbagai lukisan yang unik dan menarik. itu semua untuk melestarikan lingkungan terhadap embung agar menjadi asri penataan yg rapi.

“Karena manfaatnya sangat besar, Saya minta pemuda karang taruna desa bisa mengelola menjadi objek wisata ,juga nantinya akan di tambah areal persawahan bisa dapat semakin maksimal dalam mendukung surplus penghasilan beras di desa. Selain itu, lanjut gunaren setelah ditata, nantinya potensi waduk embung ini dapat dikembangkan sebagai obyek wisata.

“Penghijauannya juga kita tamba penaman Sehingga tidak hanya menanam 10 pohon tapi bisa ratusan pohon ditanam . aliran sungai juga akan di bikin kerambah ikan di sepanjang aliran sungai sepanjang 400 M yang akan,diisi bibit ikan, ini akan di serah kan kepada pemuda karang taruna untuk mengelola nya, dan berkerja sama dengan bumdes desa suka damai ,saya selaku kepala desa memberikan sumbangsi pemikiran kepada pemuda karang taruna agar punya pengasilan",ungkapnya.


 

(SHR)

Kades Suka Damai Gunaren Komitmen Untuk Terus Kembangkan Waduk Embung dan Manfaatkan Sebagai Objek Wisata Kades Suka Damai Gunaren Komitmen Untuk Terus Kembangkan Waduk Embung dan Manfaatkan Sebagai Objek Wisata Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 9.12.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.