Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Ketua Timsel Zona I Sosialisasi Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Karo

Responsive Ad Here

 


BERASTAGI - Tim Seleksi (Timsel) menggelar kegiatan pendaftaran calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota  Zona I, Rabu 25 Mei 2023 di Hotel Sweet Pakar, Berastagi, Karo.


Kegiatan sosialisasi langsung dipimpin Ketua Timsel Ir Muhammad Taufik Batubara MSi dengan memaparkan proses tahapan pendaftaran hingga pengumuman calon anggota Bawaslu.


" Jangan percaya dengan oknum yang bisa menjanjikan bisa lolos sebagai anggota Bawaslu. Kalau ada yang bisa itu bohong dan buang waktu dan biaya," tegasnya dalam acara sosialisasi tersebut.


Dalam kesempatan itu, Taufik juga menyampaikan seluruh tahapan dan ketentuan dalam perekrutan anggota Bawaslu secara terang dan tegas ia mengingatkan jangan sampai para calon peserta tertipu oknum yang mengaku bisa mengurus untuk lolos.


Menurutnya bahwa kegiatan sosialisasi ini dalam rangka menjaring calon calon yang potensial sebagai bakal calon anggota Bawaslu.


Selain itu, tujuannya adalah tersampaikan kepada masyarakat yang potensial : akademisi, pemantau pemilu, mantan pengawas pemilu, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat,  non partisan atau wartawan.


Harapannya, sambung Taufik dengan kegiatan sosialisasi ini maka termotivasinya para calon potensial untuk melakukan pendaftaran sebagaimana mekanisme yang ada. Dan keterwakilan perempuan menjadi persyaratan minimal 30 persen.


Selain itu juga dijelaskan dasar hukum dan proses hingga terbentuknya Bawaslu. Kemudian dipaparkan proses pendaftaran dan persyaratan untuk mengikuti seleksi anggota Bawaslu periode 2023-2028.


Sebelumnya, Kordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Karo, Jefri Sihotang memberikan kata sambutan bahwa Tim Seleksi (Timsel) Zona I telah menyampaikan pengumuman sesuai tahapan dan Nomor : 03/Timsel/Zona I/V/2023 mengumumkan pendaftaran calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meliputi Kabupaten Karo, Langkat, Simalungun, Kota Binjai, Kota Pematangsiantar Provinsi Sumatera Utara.


Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Karo, Langkat, Simalungun/Kota Binjai dan Pematang Siantar berdasarkan Keputusan Bawaslu Nomor 176/HK.01.01/K1/05/2023, dengan susunan yaitu, Ketua Timsel Zona I, Ir. Muhammad Taufik Batubara didampingi Sekretaris, Rika Devi Yanti Nasution, S.H., M.H, Senin 22 Mei 2023 di Sekretariat Timsel Zona I, Siantar Hotel, Jl. W.R Supratman No.3 Kelurahan Proklamasi

Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 20114.


Diakhir acara ditutup dengan sesi tanya-jawab dari peserta yang hadir diantaranya, unsur yang berasal dari tokoh akademisi, tokoh agama, pemuda, masyarakat, dan undangan.

0 Comments