Bupati Rohul Tebar Benih Ikan dan Bantu Pembangunan Mesjid Desa Lubuk Bendahara


Media Swara Semesta (1/11)
Rokan Hulu
Bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) terhadap pelestariaan kearifan lokal, juga mendukung program peningkatkan masyarakat konsmsi Ikan, Bupati Rohul H. Sukiman, tebar ribuan benih ikan di Sungai Larangan Sei Siki, Desa Lubuk Bendahara, Kecamatan Rokan IV Koto, Rohul.

Bupati Sukiman berharap, benih ikan yang ditebar tersebut nantinya berkembang dengan baik sehingga mampu meningkatkan hasil panen dan manfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Desa Lubuk Bendahara dalam bidang perikanan.

Kegiatan itu, juga dihadiri Ketua TP PKK Hj Sukiman, sekalgus mengikuti jalan santai dan senam bersama dengan masyarakat Lubuk Bendahara, bersempena peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Kamis (30/10/2019).

Telihat pula, Anggota DPRD Rohul Patrun Rahman, Staff Ahli Bupati Irpan Ridho, Kadishub H. Syofwan S.Sos, Inspektur Inspektoratl H. Helfiskar SH MH, Kadis TPH Mubrizal SP MMA, Kadis DLH Hen Irpan, Kadis Perindag Drs Sariaman, Camat Rokan IV Koto Drs Abror, Kepala Desa Lubuk Bendahara Rinaldi dan ribuan masyarakat Lubuk Bendahara.

Kepala Desa Lubuk Bendahara Rinaldi berharap, kehadiran Bupqti membawa dampak positif untuk kemajuan dan pembangunan di desanya. Kemudian, dengan digelarnya Jalan Santai dan Senam bersama dalam rangka momentum memperingati Sumpah Pemuda ke-91.

“Berharap Pemuda kita khususnya Lubuk Bendahara ini sebagai generasi muda yang maju dan kreatif, karena pemuda itu adalah generasi penerus bangsa seperti apa yang pernah kita kutip dari Bung Karno “berikan saya 10 orang pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia,” ucap Rinaldi


“Pada dasarnya pemuda kita ini sekarang rentan dengan narkoba dan obat terlarang, dengan momentum ini kita arahkan kegiatan positif, Insya Allah siap untuk membentuk Pemuda yang agamis dan inovatif,” harapnya

Rinaldi juga berharap ke Bupati, untuk membangun Balai Adat, karena keberadaan Balai Adat ini sangat penting tempat pelaksanaan kegiatan adat di Desa Lubuk Bendahara.

“Karena Balai Adat ini sangat penting tempat duduknya datuk adat dan ninik mamak, karena Desa Lubuk Bendahara ini juga termasuk salah satu Desa Adat, Desa adat menjadi kekuatan, karena tempatnya tali berpilin tiga, baik itu dari unsur Pemerintahan, Alim ulama dan Ninik Mamak di situ lah nanti kita tempatkan untuk semacam musyawarah atau acara adat,” sebut Rinaldi

Rinaldi menambahkan, di Desa Lubuk Bendahara diperkirakan sekitar 100 KK yang belum teraliri listrik,  Ia berharap kepada Bupati Sukiman untuk membangun jaringan listrik terutama di Simpang Tukang.

“Berharap agar Bupati membangun jaringan listrik, karena jumlah penduduk yang notabene termasuk kawasan Kampung kita Jawa dari Simpang Tukang kedalam itu membutuhkan penerangan listrik, saya minta tadi sama Pak Bupati harapan listrik bisa masuk ke sana,” harapnya

Kades.juga berterima kasih, karena Bupati membantu pembangunan Masjid Al Mukhlisin Dusun Siki Rp50 juta, juga menebar ribuan benih ikan, seperti Ikan Nila, Ikan emas, ikan lomak, sementara untuk ikan Gurami menunggu satu bulan lagi.

"Kitaberdoa, agar sungai larangan di Desa Lubuk Bendahara bisa dijaga bersama seperti desa lainnya di Rokan IV Koto,” katanya

Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan, dengan ditebarnya ribuan benih ikan, dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki, dengan adanya sungai larangan ini merupakan budaya dan kearifan lokal yang harus dipertahankan.

“Sungai-sungai yang selama ini tidak dipakai sekarang kita pakai sebagai bentuk perhatian kita untuk melestarikan tradisi dan memanfaatkan potensi SDA yang kita miliki dalam bidang perikanan untuk kesejahteraan masyarakat,” terangnya

Bupati juga mengapresiasi Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tingkat Desa Lubuk Bendahara. Karena memperingati HSP, itu mengingatkan kepada Pemuda yang berkontribusi untuk bangsa ini.

“Seperti berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu, bahasa Indonesia, itu yang terus-menerus yang kita gelorakan, lahirnya negara kesatuan Republik Indonesia ini berkat perjuangan, kita mengambil hikmah dari pada itu intinya adalah kita bangsa Indonesia harus bersatu,” tegas Sukiman

Sesuai dengan permintaan masyarakat untuk membantu Pembangunan Mesjid, Bupati Sukiman membantu untuk Pembangunan Mesjid Al Mukhlisin senilai 50 juta.

“Untuk kepentingan umum terutama Mesjid, dibantu Rp 50 juta, selain itu saya akan koordinasikan dengan Dinas Perkim untuk pembangunan Balai Adat Desa Lubuk Bendahara, sementara untuk listrik tadi sudah saya telepon menegar PLN, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan terealisasi,” janjinya. (ADV/Pemkab Rokan Hulu)
Bupati Rohul Tebar Benih Ikan dan Bantu Pembangunan Mesjid Desa Lubuk Bendahara Bupati Rohul Tebar Benih Ikan dan Bantu Pembangunan Mesjid Desa Lubuk Bendahara Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 1.11.19 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.