Jelang Lomba PKK KB Kes Tingkat Riau, Bupati Sukiman dan Hj Peni Ikut Laksanakan GERMAS di Sialang Jaya


Teka foto:
Bupati Sukiman didampingi Ketua TP PKK Rohul Peni Herawati, Sekda Abdul Haris dan para Kepala OPD,berikan bantuan botol tuk cuci tangan sebelum masuk rumah saat mamantau Desa Sialang Jaya yang ikut lomba PKK KB Kes tingkat Riau 2019.


Rokan Hulu. Media SwaraSemesta.com(1/12) - Menjelang penilaian lomba PKK KB Kes tingkat Riau, Bupati Rohul H.Sukiman dan Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati ikuti pelaksanaan Gerakan Masyarakat Sehat ( GERMAS) yang diprakarsai Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul.

GERMAS digelar di Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah. Dimana untuk Kabupaten Rohul Desa Sialang Jaya yang juga sebagai kampung KB percontohan di Rohul, ditunjuk sebagai duta diajang lomba PKK KB Kes tingkat Riau.

Selain mengikuti Program GERMAS, baik Bupati Sukiman dan Hj Peni Herawati ,termasuk Sekda Abdul Haris, Ketua Dharma Wanita Rohul, Camat Rambah Fatanalia Putra, Ketua TP PKK Kecamatan Rambah, Kades Sialang Jaya Yuherman Daulay,Ketua TP PKK Desa Sialang, para kepala dinas, badan dan kantor, serta ratusan masyarkat yang  dipusatkan di Pondok Pesantren Istiqimahuddin.


"Kita akan bantu apa yang dibutuhkan masyarakat menjelang penilaian lomba PKK KB Kes tingkat Riau 10 Desember 2019 nanti. Berharap, seluruh masyarakat bisa bekerjasama agar Desa Sialang Jaya menjadi yang terbaik diajang lomba itu," harap Bupati Sukiman, Minggu (1/12/2019) pagi.

Dengan ditunjuknya Desa Sialang Jaya di ajang lomba PKK KB Kes, Bupati menyatakan,  bersama seluruh OPD dan masyarakat bahu membahu menata kawasan desa, mulai kebersihannnya, kesehatan masyarakat, lingkungan, dan lainnya. 

"Bagaimana Desa Sialang nantinya menjadi yang terbaik, tentunya kita harus bersama sama mensukseskannya.Inilah bentuk perhatian kita ke masyarakat," kata Bupati.

Kades Sialang Jaya Yuherman Daulay, juga melaporkan terkait perkembangan kegiatan menjelang penilaian PKK KB Kes. Diakuinya, kini hanya tinggal pembangunan jamban di rumah 100 warga binaan Kampung KB.

"Kita harapkan, jamban sudah dibangun oleh masing masing pemilik rumah sebelum hari penilaian,karena kita sudah sediakan material termasuk closed atau jambannya. Jangan nantinya kita malu karena saat penilaian jamban belum diselesaikan," harap Yuherman.

Kemudian hal lainnya jelas Yuherman,  yakni menata lingkungan. Kemudian membuat kotak sampah, menyiapkan tempat untuk cuci tangan, termasuk membersihkan pemukiman dan melaksanakan Program 3M. kemudiian pihaknya bersama OPD terkait,sudah melaksanakan PHBS di masyarakat, bina keluarga,balita serta bina remaja. 

Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hari, diawali dengan senam massal bersama, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan dari petugas UPT Puskesmas Rambah, dilanjutkan sarapan bersama.sekaligus pemberian bantuan 100 unit botol untuk tempat air cuci tangan di depan rumah ,kepada 100 werga binaan Kampung KB.

Ditambah Bupati Sukiman berjanji, akan membantu pembangunan pondok pesantren Istiqimahuddin Desa sialang jaya  sebesar Rp.50 juta.

Ketua TP PKK Peni Herawati sangat berharap, seluruh masyarakat mendukung dan bersama melaksanakan berbagai program kesehatan yang berkaitan dengan menjelang penilaian lomba KB Kes tingkat Riau.

"Kita harapkan Desa Sialang Jaya nantinya juara, sehingga perlunya dukungan bukan saja dari Pemkab Rohul, pemerintah desa, namun juga harus ada dukungan dari semua elemen masyarakatnya. Tanpa dukungan tidaklah akan bisa kita raih yang terbaik," ucap Peni Herawati.

Berbagai persiapan dan kesibukan warga dan OPD dalam membenahi apa yang jadi kekurangan. Malahan, Peni Herawati langsung memandu kaum perempuan.berlatih Mars KB.

Bupati dan Peni Herawati, juga menyempatkan diri memantau gedungTP PKK Desa Sialang Jaya, sekeligus menjadi tempat aktifitas berbagai kegiatan Posyandu, dan lainnya. Secara langsung Bupati memerintahkan para OPD segera melengkapi apa yang dibutuhkan masyarakat terkait untuk lomba PKK KB Kes."***(ADV/Humas Pemkab Rohul).
Jelang Lomba PKK KB Kes Tingkat Riau, Bupati Sukiman dan Hj Peni Ikut Laksanakan GERMAS di Sialang Jaya  Jelang Lomba PKK KB Kes Tingkat Riau, Bupati Sukiman dan Hj Peni Ikut Laksanakan GERMAS di Sialang Jaya Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 1.12.19 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.