Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Bupati Rokan Hulu.H Sukiman Harap Bumdesa dapat Memberikan Dampak Positif untuk Perekonomian masyarakat

Responsive Ad Here

Rokan Hulu. Media Swara Semesta(22/1)-  Bupati Rokan Hulu H. Sukiman berharap kepada pengelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) untuk selalu membuat terobosan dan inovatif mengelola Bumdesa, agar bisa memberikan dampak positif untuk perekonomian masyarakat.

Untuk itu, Kepada pengelola Bumdesa juga diminta transparansi dan tertib administrasi, sebaliknya kepada pemanfaat dana Bumdesa untuk jujur dan taat membayarkan kewajibannya, sehingga perguliran dana Bundesa juga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat lain.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman saat menyampaikan sambutan dalam acara MPTB Tebih Mandiri, di Aula Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujung Batu, Selasa (21/1/2020)pagi.

Dikegiatan itu, tampak juga dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Staff Ahli Bupati Irpan Ridho, Kadis DTPH Rohul Mubrizal SP MMA, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos, Kadis DPPKB Drs Sariaman, Camat Ujung Batu Fisman Hendri S.Hut, Kepala Desa Pematang Tebih Selamat, Direktur Bumdesa Tebih Mandiri dan Kepala Desa se Kecamatan Ujung Batu.

Tambah Sukiman, Ia meminta kepada Pengurus Bumdesa Tebih Mandiri untuk tertib administrasi dan lakukan evaluasi, agar kedepannya Bumdesa ini semakin jaya dan maju, pasalnya di tempat lain Bumdes ini sebagai lokomotif perekonomian masyarakat di Desa.

"Bumdesa Tebih Mandiri ini kedepannya harus tertib administrasi dan evaluasi untuk yang akan datang, seperti Desa yang lain SHU nya sudah ada yang mencapai 1 Milyar dan 2 Milyar, Tempat lain ada juga yang buat usaha kripik tahu, Kampung Resto lele dan lain sebagainya, pokoknya harus inovatiflah," katanya.

Diakui Sukiman, diperiode kepemimpinannya ini komit membangun infrastruktur desa. Sementara Untuk Desa Pematang Tebih, Pemkab memberikan bantuan disektor pertanian 1 Unit Cultivator, 5 Unit Pompa Air, Pengembangan Hortikultura seluas 10 Ha, Cabe, Bayam, Kangkung, Timun dan Terong masing-masing seluas 2 Ha.


"Sementara permintaan kepala Desa untuk membangun aspal jalan menuju Desa Pematang Tebih akan kita lakukan secara bertahap, mengingat keterbatasan keuangan daerah kita, kedepannya akan kita upayakan, karena kita juga membangun diseluruh kecamatan dan Desa-Desa di Rohul.

Untuk kemajuan Bumdesa Tebih Mandiri, diera globalisasi saat ini Bumdesa diminta semakin inovatif dan kreatif agar bisa mendorong Bumdesa memberikan keunggulan komparatif yang berbasis kearifan lokal yang bisa mengenalkan unit usaha dan potensi Bumdesa tersebut kedaerah luar.

Sementara itu, Kepala Desa Pematang Tebih Selamat berharap melalui MPTB ini dapat bermanfaat untuk evaluasi demi perkembangan Bumdesa Tebih Mandiri

Selamat menjelaskan laporan MPTB Bumdesa Tebih Mandiri, Sampai saat ini Bumdesa Tebih Mandiri bergerak di Unit Usaha Jasa Keuangan dan Saprodi Pupuk, yang telah dimanfaatkan 645 orang dari berbagai jenis usaha, dengan perkembangan dana per Desember 2019 sebesar Rp 4.138.000.000

"Sehingga dari Bumdesa ini dapat menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) 10 % sebesar Rp Rp 5.041.872 dana Sosial 2.520.936 dan Cadangan Modal Rp 20.167.467," ujarnya

Tambah selamat, selain minta pengaspalan jalan, warga juga meminta kepada Pemkab Rohul untuk membangun Pamsimas, pasalnya didusun makmur air sumurnya tidak bagus, jadi warga saat ini masih ketergantungan dengan air Pam,"harapnya."***(ADV/Diskominfo Rohul).

0 Comments