Berikut Aksi Erick Thohir, Mendukung Penanganan Wabah Corona,Hingga Datangkan Alat Deteksi dari Swiss



Media Swara Semesta (23/3)
Jakarta -Menteri BUMN Erick Thohir terlihat sangat sibuk di hari liburnya kemarin. Dia mengunjungi Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat bersama dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Kunjungan Erick ke sana untuk meninjau Wisma Atlet yang dalam 4 hari terakhir disulap menjadi RS Darurat Penanganan COVID-19. Ada 2.000 kamar yang disiapkan untuk pasien corona dan siap beroperasi hari ini, Senin (23/3).

Ini aksi Erick Thohir untuk mendukung penanganan wabah corona:

1.Siapkan Alat Kesehatan hingga Obat-obatan

Erick Thohir memastikan BUMN siap untuk memasok beberapa kebutuhan yang diperlukan mulai dari obat hingga masker. Alat-alat kesehatan juga disiapkan.

“BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan COVID-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker,” ungkap Erick dalam keterangan resmi yang diterima kumparan, Minggu (22/3).

2.Sediakan Jaringan Komunikasi dan Pembagian Tower

Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, BUMN juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB.

Pada saat pelaksanaannya, RS Penanganan Darurat COVID-19 ini, akan dibagi dalam 3 zona. Pertama yaitu Zona Hijau di Tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Kedua, Zona Kuning di Tower 3, akan diisi oleh Dokter, Perawat dan Petugas Paramedis lainnya. Ketiga, Zona Merah di Tower 6-7, adalah RS Darurat Penanganan COVID-19. Hanya mereka yang menggunakan APD lengkap yang bisa masuk ke zona ini selain pasien.

Dokter-dokter yang akan bekerja di rumah sakit darurat ini adalah gabungan dokter dari berbagai instansi, dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, BUMN dan lain-lain.

“Percaya lah, kalau kita semua mau bersatu, insya Allah apa pun bisa kita lalui dengan baik. Saya apresiasi setinggi-tingginya semua pihak yang sudah bergerak cepat membantu pemerintah untuk mewujudkan RS Darurat ini. Semoga upaya kita semua ini diridhoi Yang Maha Kuasa dan dapat menekan lajunya pandemi COVID-19 di Indonesia. Insyaallah selalu ada jalan,” ujarnya.

3.Datangkan Alat Deteksi Corona dari Swiss Akhir Bulan Ini

Sebelumnya, Erick Thohir juga sempat menjelaskan akan mendatangkan sejumlah alat tes COVID-19 atau rapid test selain dari China, yaitu Swiss. Katanya, alat tersebut sudah dipesan dan akan tiba akhir bulan ini.

"Dari Swiss itu kita juga sudah order dan akhir bulan ini datang dan kita akan lakukan bantuan-bantuan. Karena begini, pada hari ini banyak sekali penawaran untuk beli test kit tapi kita juga menjaga yang kualitasnya," kata Erick dalam konferensi pers yang digelar secara online, Jumat (20/3).

"Jadi alat test kit ada dua macam, ada yang air liur, hidung, ada yang darah. Kita memprioritaskan air liur karena air liur ini akan dipergunakan untuk rumah sakit," tutur Erick.***(dcv/an)

Berikut Aksi Erick Thohir, Mendukung Penanganan Wabah Corona,Hingga Datangkan Alat Deteksi dari Swiss Berikut Aksi Erick Thohir, Mendukung Penanganan Wabah Corona,Hingga Datangkan Alat Deteksi dari Swiss Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 22.3.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.