Jabar Siaga 1 Corona, Wali Kota Tasikmalaya Himbau Pasien di Puskesmas tak Panik dan Selalu Antisipasi


Media Swara Semesta (3/3)
Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman meminta kepada semua Puskesmas di wilayahnya untuk menenangkan pasien supaya tak panik pasca-ditetapkannya siaga virus Corona di Jawa Barat, Senin (2/3) malam.

Puskesmas merupakan sarana kesehatan pemerintah daerah paling dekat dengan masyarakat dan tiap harinya selalu dipenuhi pasien yang berobat.

"Saya sudah perintahkan Dinas Kesehatan untuk memerintahkan semua Puskesmas untuk menenangkan pasien supaya tidak panik," kata Budi kepada wartawan, Senin malam.

"Misalkan pasien yang berobat flu biasa, jadi panik takut virus corona karena sudah siaga 1. Tapi, Puskesmas juga lakukan identifikasi langsung terhadap para pasien yang diketahui sakit gejala corona," lanjutnya.

Ditambahkan Budi, bukan hanya pasien tapi seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya pun diimbau supaya tak panik.

Pihaknya meminta kepada warga yang mendapatkan informasi adanya indikasi gejala virus corona di wilayahnya segera melapor ke rumah sakit terdekat baik milik pemerintah ataupun swasta.

"Masyarakat Kota Tasikmalaya supaya tidak panik, apabila menemukan yang diindikasikan suspect virus corona, agar segera melaporkan ke rumah sakit yang ada di Kota Tasikmalaya. Baik milik pemkot atau swasta," tambah Budi.

Seluruh Puskesmas di Kota Tasikmalaya pun selama ini telah menyosialisasikan gejala-gejala dan penanganan awal virus corona melalui poster dan selebaran sejak awal merebaknya bulan lalu.

Bahkan, imbauan ini pun telah sampai ke tingkat RT dan RW melalui kader-kader Posyandu di seluruh Kota Tasikmalaya.

"Sesuai pernyataan gubernur terkait Jabar siaga 1 Corona, untuk lebih memperkuat kita sebarkan surat edaran dari Pemkot tentang cara antisipasi masalah wabah virus ini," kata Budi.

"Kita pun sejak awal sudah siapkan 3 ruang isolasi di RSUD Soekardjo milik pemerintah. Kalau nanti ada ditemukan kita akan langsung rujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung," lanjutnya.***(Kp/an)
Jabar Siaga 1 Corona, Wali Kota Tasikmalaya Himbau Pasien di Puskesmas tak Panik dan Selalu Antisipasi Jabar Siaga 1 Corona, Wali Kota Tasikmalaya Himbau Pasien di Puskesmas tak Panik dan Selalu Antisipasi Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 2.3.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.