Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Bupati Sukiman (Vicon) Dengan Camat se-Rokan hulu Pastikan Terkait Penanganan COVID-19

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta(17/4)
Rokan Hulu - Guna memastikan perkembangan serta penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) hingga tingkat kecamatan, Bupati Rokan Hulu(Rohul) H.Sukiman, Rabu (15/4/2020), gelar Video Conference  (Vicon) dengan 16 Camat se-Rohul.

Vicon digelar di rumah dinas Bupati Sukiman, dihadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Asisten I M. Zaki SSTP, Kadiskes Rohul dr Bambang Triono, Kadis DPMPD Rohul Margono S.Sos M.Si, Kaban BKPP Rohul H. Fhatanalia Putra S.Sos  serta Kabag Tapem Ervan Dedi Sanjaya S.STP.

"Vicon yang kita gelar, bertujuan agar bisa mengetahui kondisi terkini di masing-masing Kecamatan, dalam upaya mengantisipasi dan pencegahan penyebaran COVID 19.Karena mencegah penyebaran COVID-19 di Rohul perlu keterlibatan seluruh pihak termasuk Kecamatan, Pemerintah Desa dan kelurahan," tegas Bupati usai Vicon.

Dalam vicon tersebut, Bupati Sukiman, juga mengajak seluruh elemen agar secara bersama-sama lakukan penanganan COVID 19 yang kini makin mewabah. Kemudian hal yang menggembirakan, bahwa angka ODP selesai pemantauan atau sehat sudah mencapai 77 persen dan 4 PDP sudah sehat juga sudah  dipulangkan kerumahnya, termasik satu pasien Positif semakin hari semakin membaik.

Bupati dalam Vicon meminta ke Camat,  untuk meningkatkan kerjasama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan serta ormas dalam mensosialisasikan imbauan dari pemerintah terkait langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memutus mata rantai penularan virus corona.Kemudian pemerintah melalui gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 sudah melakukan screening di setiap perbatasan melalui pemeriksaan suhu tubuh setiap warga yang masuk ke Rohul.

Masing-masing Camat melaporkan secara singkat kondisi terkini dari wilayah masing-masing dan upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini dalam mencegah penularan virus corona, terutama Kecamatan yang berada di daerah perbatasan.

Camat se-Rohul dalam Vicon juga menyatakan, telah melakukan upaya pencegahan COVID-19, seperti penyemprotan Disinfektan, Sosialisasi, mendirikan posko, menyediakan tempat cuci tangan di tempat umum, membentuk Relawan Covid-19 di desa-desa,  memproduksi APD dan masker bekerjasama dengan PKK kecamatan juga desa.

Bupati Sukiman, memastikan terkait kesiapan posko di daerah perbatasan.

Seperti perbatasan di Tambusai Utara, Camat Tambusai Utara Mastur S.Sos M.Si mengaku telah mendirikan Posko di KM 24 berbatasan dengan Labusel, Posko di KM 11 berbatasan dengan Kabupaten Rokan hilir Kemudan Posko pemantauan juga dibangun di desa-desa. Terkait TKI dari Malaysia dan Jepang masuk dalam ODP, sementara berdasarkan hasil Rapid Tes 2 Pasien PDP juga sudah dinyatakan negatif.

Bupati Sukiman berterima kasih ke Camat atas laporannya terkait pencegahan dan penanganan COVID-19 di Kecamatannya masing-masing. Semuanya sudah bekerja dengan baik dalam melaksanakan tugasnya penuh keikhlasan. Ia meminta kepada Camat untuk terus berkoordinasi dengan Upika dan turun ke desa-desa untuk mensosialisasikan kepada masyarakat.

"Saya minta Camat ahar terus lakukan deteksi dini penyebaran Covid-19. Camat harus betul-betul mengawasi wilayahnya masing-masing, mengawasi tamu yang masuk utamanya warga yang datang dari kota besar yang sudah terinfeksi virus corona atau zona merah,” harap Bupati

Menganai pemanfaatan dana desa untuk sembako terdampak COVID 19, Bupati Sukiman menghimbau ke Camat mengingatkan Kepala Desa agar memanfaatkan dana desa sesuai kebutuhan. Jangan sampai terjadi hal yang tidak dinginkan.

"Lebih baih baik mengingatkan dari pada terjadi permasalahan hukum dikemudian hari," imbau Bupati singkat. (Adv/Pemkab Rokan Hulu).

0 Comments