Beri Makan Gajah yang Stres, Nasib Pria di Sumatera Selatan ini Malah Tewas Diinjak



Media Swara Semesta (12/5/2020)
Seekor gajah liar masuk ke pemukiman warga yang berada di Desa Bumi Makmur, Kecamatan Nibung, Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, Selasa (12/5/2020).

Akibatnya, seorang warga bernama Zainal Arifin (53) tewas usai kepalanya diinjak oleh gajah liar tersebut.

Kepala Desa Nibung Yatno mengatakan, kejadian itu bermula saat gajah tersebut datang dan masuk ke kawasan desa.

Lokasi keberadaan gajah tersebut berjarak sekitar 100 meter dari pemukiman warga.

Gajah liar tersebut akhirnya menjadi tontonan warga.

Bahkan, korban Zainal sempat memberikan makan kepada gajah tersebut.

"Makanannya diambil, terus orangnya juga langsung diambil pakai belalai. Lalu korban dibanting dan kepalanya diinjak oleh gajah itu," kata Yatno saat dikonfirmasi.

Yatno mengatakan, sejak 36 tahun berada di desa tersebut, fenomena gajah masuk ke pemukiman warga baru kali ini terjadi.

Seusai kejadian tersebut, warga menjadi semakin menjadi waspada.

"Gajah itu baru kali ini terlihat. Sebelumnya tidak pernah ada. Kami sudah laporkan ke BKSDA. Korban sudah dimakamkan siang tadi," ujar Yatno.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan Genman Hasibuan mengatakan, dua bulan sebelum kejadian, mereka sempat kehilangan jajak gajah tersebut.

Namun, saat ini tiba-tiba gajah muncul di pemukiman warga.

"Dua bulan yang lalu mau kita giring masuk ke habitatnya, tapi tidak muncul lagi dan baru diketahui sekarang," ujar Genman.

Genman mengatakan, dari laporan yang ia terima, gajah tersebut datang dari Jambi.

Sebab, wilayah desa tersebut berada di perbatasan antara Sumsel dan Jambi

Selain itu, mengenai warga yang tewas terinjak, menurut Genman, disebabkan karena gajah itu stres menjadi tontonan warga.

"Awalnya gajah itu muncul di perkebunan sawit. Oleh masyarakat digiring dan jadi tontonan. Gajah itu adalah gajah liar, kemungkinan setres dan menginjak warga," kata Genman.***(Kp/an)
Beri Makan Gajah yang Stres, Nasib Pria di Sumatera Selatan ini Malah Tewas Diinjak Beri Makan Gajah yang Stres, Nasib Pria di Sumatera Selatan ini Malah Tewas Diinjak Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 12.5.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.