Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

PDIP Soroti PSBB DKI Tak Tegas, Gilbert: Gubernur Tidak Pernah Terjun Kelapangan

Responsive Ad Here


Media Swara Semesta (27/5/2020)
Jakarta - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Gilbert Simanjuntak mengkritik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang jarang turun langsung meninjau kondisi di lapangan selama wabah virus corona. 

Hal ini menurut Gilbert membuat ketegasan Pemprov DKI Jakarta dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jadi tak terasa.

Hal ini berdasarkan pengamatan Gilbert ihwal kerumunan masyarakat di Jakarta dalam beberapa hari terakhir, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah kemarin.

"Ketegasan Pemprov DKI terasa jauh dari yang seharusnya, karena Gubernur tidak pernah terlihat terjun ke lapangan meninjau langsung selama wabah berlangsung," ujar Gilbert dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/5).

Gilbert mengatakan, sebelum Lebaran, masyarakat mulai berkerumun tanpa jarak di sejumlah pasar. Seharusnya, Pemprov DKI bisa lebih tegas dengan memperketat pengawasan pergerakan masyarakat di sejumlah titik-titik keramaian.

Kerumunan di sejumlah pasar itu, lanjutnya, merupakan bukti bahwa Pemprov DKI masih kurang tegas dalam mendidik masyarakat untuk mencegah penularan virus corona.

Menurut dia, sebatas imbauan dari Anies tidak cukup untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat. Masyarakat di sisi lain juga harus dididik terkait virus corona.

"Kondisi ini juga harus diawasi, tidak cukup dengan mengatakan masyarakat harus sadar seperti yang berkali-kali disampaikan di media oleh Anies," ungkapnya.

Gilbert juga menyoroti bagaimana PSBB di Jakarta dalam beberapa pekan terakhir menjadi longgar. Misalnya saja dengan kasus kerumunan masyarakat di acara penutupan restoran cepat saji McDonald's di Sarinah beberapa waktu lalu.

Menurut Gilbert, potensi penularan dalam insiden itu cukup besar. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI juga diminta untuk mencegah penyebaran lokal.***(Cn/an)

0 Comments