PSBB Dilonggarkan Namun Social Distancing Harus Diterapkan Selama Pandemi Copid-19, Begini Caranya..!!!


Media Swara Semesta (15/5)
Medan
MASA Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang belum berakhir. Namun, tidak lagi seketat awal pandemi virus corona COVID-19. Bahkan, pemerintah pun sudah mulai membuka beberapa penerbangan,


Tapi meski sudah dilakukan pelonggaran, bukan berarti social distancing tidak lagi diterapkan untuk menekan penyebaran virus corona di Indonesia. Pasalnya, social distancing bisa menjadi penentu apakah kita akan tertular virus corona atau tidak.

Nah, agar tidak bingung apa saja yang tak boleh dilakukan saat social distancing, sebagaimana disitat Gulfnews, berikut rangkaiannya.

Nomor satu yang harus dihindari adalah kegiatan berkumpul-kumpul. Dengan berkumpul dengan banyak orang, di dalam satu tempat yang sama ini artinya kita akan melakukan kontak dekat dengan berbagai macam orang.

Dari yang sehat, yang sakit, sampai mungkin carrier atau pembawa virus tapi secara fisik masih terlihat sehat. Arisan, menghadiri pesta pernikahan dan pesta sejenisnya, menginap ramai-ramai (sleep overs), pergi konser, playdate bersama anak di tempat umum, bahkan beribadah pun sekarang sudah dianjurkan untuk dilakukan sendiri di rumah masing-masing.


Naik angkutan umum yang padat.
Jika masih bisa menghindari naik bus, kereta api, angkot atau alat transportasi padat penumpang lainnya maka sebaiknya memang dihindari. Tapi jika belum bisa, triknya ialah menghindari jam-jam sibuk.

Berangkat sebelum jam office-hours dan pulang sebelum jam office-hours. Dengan keadaan yang lengang, saat berada di alat transportasi umum kita bisa menjaga jarak dengan penumpang lain.

Menerima tamu di rumah
Meminimalisasi kontak dengan orang lain juga artinya tidak perlu menerima kunjungan orang lain ke rumah, atau ada pekerja yang tak berkepentingan berada di rumah Anda.

Olahraga di gym
Gym dan alat-alatnya disentuh oleh banyak orang, untuk menghindari kontak fisik kita bisa berolahraga di rumah. Pilih jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah, agar tubuh tetap bergerak. Aerobik, zumba, pilates, yoga, bahkan lari menggunakan treadmill.

Hangout
Bosan saat social distancing, tidak bisa jadi alasan tepat untuk kita tetap nekat pergi hangout bersama teman-teman ke tempat yang tidak penting. Berkumpul makan-makan di restoran atau bar, atau pergi nonton ke bioskop atau mengunjungi museum.

Traveling
Jika tidak untuk urusan darurat misalnya urusan pekerjaan yang tak bisa ditinggal atau untuk keperluan berobat, maka tidak perlu berpergian. Liburan masih bisa menunggu dan dilakukan saat kondisi sudah kondusif.
PSBB Dilonggarkan Namun Social Distancing Harus Diterapkan Selama Pandemi Copid-19, Begini Caranya..!!! PSBB Dilonggarkan Namun Social Distancing Harus Diterapkan Selama Pandemi Copid-19, Begini Caranya..!!! Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 14.5.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.