Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Bupati Sukiman Dan Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Beserta Kepala OPD Tinjau kawasan objek wisata Hutan Air Panas Pendalian IV Koto

Responsive Ad Here


Media Swara Semesta (10/6/2020)
Pemkab Rokan Hulu (Rohul) berupaya kembangkan dan menata destinasi wisata di Rohul dalam meningkatkan kunjungan wisata serta perekonomian masyarakat sekitar.

Itu disampaikan Bupati Rohul H.Sukiman, Senin (8/6/2020), saat mengunjungi objek wisata Hutan Air Panas, di Desa Air Panas Kecamatan Pendalian IV Koto, disela kunjungan kerja Bupati.

“Kawasan objek wisata Hutan Air Panas sudah kita tinjau bersama Kepala Dinas dan Kades. Objek wisata tersebut berpotensi dan bagus dengan luas sekitar 4 hektar. Langkah pertama kita akan ukur bersama BPN Rohul agar segera lahannya dibuatkan sertifikat,“ kata Bupati Rohul H. Sukiman.

Saat peninjauan objek wisata Hutan Air Panas itu, Bupati Sukiman didampingi Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Parbud Rohul H. Syofwan. Sos, Kadis PUPR Rohul Anton ST MM, Kadis LH Rohul Suparno S.Hut, Kadis DKPP Rohul Barikun SP Kadis Nakbun Rohul C. Agung Nugroho STP

Juga ikut serta, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, Kadishub Rohul Andiyanto SH MH, Camat Pendalian IV Koto, Afkar S.Sos, Kepala Desa Air Panas Rahayu A.Md, dan Kepala Desa se Kecamatan Pendalian IV Koto.

Usai pensertifikatan lahan kata Bupati H. Sukiman, objek wisata Hutan Air Panas seluas 4 hektar akan dikembangkan dan ditata Pemkab Rohul untuk wisata alam. Dirinya mengaku sudah menginstruksikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Rohul agar membuat Detail Engineering Design (DED).  

“Luas 4 hektar lahan itu nantinya permanen kita buat untuk Wisata alam, karena itu kita sudah perintahkan Kepala Dinas membuat DED-nya. Agar bisa terencana dengan bagus sehingga setelah itu benar-benar menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi masyarakat,” ucap Bupati Sukiman.

Dalam penataan objek wisata, H. Sukiman berharap, hutan yang masih natural di Objek Wisata tersebut tidak boleh dikurangi justru akan dilakukan peningkatan, sehingga perlu dipersiapkan dengan perencanaan yang matang.

“Penataan obyek wisata berfokus ke mendata aset, membuat konsep penataan menjadi Destinasi wisata yang lebih baik lagi, baik dari segi akses menuju lokasi, fasilitas umum dan lainnya,” harapnya

Dalam penataan bupati juga berharap tanpa mengubah wujud aslinya dan justru nantinya ditingkatkan. Bila sertifikatnya siap akan menjadi aset Pemkab Rohul namun objek wisata itu dikelola Desa. 

Selain potensi alamnya yang masih asli dan asri, Bupati Sukiman mengaku Objek wisata Hutan Air Panas banyak dimanfaatkan pengunjung untuk terapi penyakit kulit, Sehingga perlu ditata kembali dengan baik agar wisata menjadi wisata alam produktif.

“Mewujudkan penataan objek wisata ini, seperti Kadis Parbud sebagai leading sektor, Dinas PUPR agar membangun sarana prasarana jalan, Kadis Kominfo sebagai pusat informasi kepada masyarakat, hal ini bertujuan dalam rangka memberdayakan potensi wisata alam yang ada didaerah kita,” harap Sukiman

Bupati Sukiman dalam kunjungan kerjanya, juga serahkan bantuan sembako ke 192 KK secara Simbolis, Khusus untuk Desa Air Panas 28 KK, dipusatkan di Aula Kantor Desa Air Panas, Pendalian IV Koto.

Kepala Desa Air Panas Rahayu A.Md berterima kasih ke Bupati Rohul H. Sukiman, sudah menyempatkan meninjau wisata Hutan Air Panas. Dirinya menyambut baik rencana Pemkab melakukan pengembangan dan Penataan Objek Wisata Hutan Air Panas. (Adv/Pemkab Rokan Hulu).

0 Comments