Kades Tanjung Mariah Juliadi : "Hubungan Bermitra antara Media-LSM Swara Semesta dengan Pemerintahan Desa Perlu Dilakukan".


Media Swara Semesta (11/6),
Sosial kontrol adalah suatu mekanisme untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. 

Dengan adanya kontrol sosial yang baik diharapkan mampu meluruskan masyarakat, komunitas, atau suatu kelompok yang berperilaku menyimpang atau membangkang.

Dari pengertian ini kita memahami bahwa, pentingnya ada sekelompok orang yang berperan aktif dalam melakukan sosial kontrol dikalangan masyarakat dan jika menilik lebih dalam tugas ini bukan hanya menjadi beban pemerintah atau penegak hukum akan tetapi bila melihat fungsi dan perannya Wartawan ataupun LSM juga memiliki kewenangan untuk mengawasi perubahan nilai sosial atau dalam berprilaku mengalami pergeseran yang jauh dari nilai-nilai adat, kearifan, dan leluhur bangsa indonesia. 


Melihat hal itu wartawan dan LSM Swara Semesta mengusung untuk menerapkan dan memberikan edukasi kepada pemerintahan desa tentang pentingnya menjaga nilai-nilai dan norma-norma yang ada serta dapat mentaatinya dengan baik dan benar dalam bermitra dengan Desa Tanjung Mariah dan Desa Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul, Kamis 10 Juni 2020 di kantor kepala desa Tanjung Mariah.

Menurut Juliadi selaku Kepala Desa Tanjung Mariah, hubungan bermitra antara wartawan maupun LSM Swara Semesta dengan Pemerintahan desa perlu dilakukan sebagai bentuk pengawasan secara eksternal sehingga tranparansi dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Wartawan memiliki kewenangan melakukan pengawasan, kritik, koreksi, dan saran terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepentingan umum dengan memperjuangkan keadilan dan kebenaran sementara Lembaga swadaya masyarakat (LSM) merupakan pengembangan dari sebuah organisasi non pemerintah (omop) atau juga disebut sebagai lembaga non government organization (NGO). 


Dalam hal ini sebuah Lembaga swadaya masyarakat merupakan sebuah organisasi di luar pemerintah, di luar birokrasi, tujuannya bisa membantu kinerja pemerintah bahkan justru ikut mengawasi jalannya pemerintahan agar tidak menjadi penyebab terjadinya penyalahgunaan kewenangan", tegas Juliadi kepala desa Tanjung Mariah sekaligus ketua PAC Pemuda Pancasila kecamatan Dolok Masihul.

"Secara umum Media maupun LSM Swara Semesta merupakan pusat pemberitaan dan organisasi yang tidak terikat dengan pemerintah dan birokrasi, makanya perlu berkolaborasi dengan pemerintahan desa sebagai fungsi pengawasan yang independen agar tercipta pemerintahan desa yang bersih dan bermartabat", harap Juliadi.


"Dengan bermitra kepada Media-LSM Swara Semesta Keadilan kiranya pemberitaan miring tentang desa-desa yang ada di Dolok Masihul dapat dikoordinasikan tindak lanjut solusinya sehingga dapat dibenahi dan layak uji dalam pertanggungjawabannya kepada publik", tutup Kades Juliadi sambil mengucapkan 'sekali layar terkembang surut kita berpantang'.


liputan dari wartawan A'An Semesta.
Kades Tanjung Mariah Juliadi : "Hubungan Bermitra antara Media-LSM Swara Semesta dengan Pemerintahan Desa Perlu Dilakukan". Kades Tanjung Mariah Juliadi :  "Hubungan Bermitra antara Media-LSM Swara Semesta dengan Pemerintahan Desa Perlu Dilakukan". Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 10.6.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.