Tempat Prostitusi Terkenal Sarkem Tetap buka di Masa Pandemi, Walaupun Pengunjungnya tak seramai hari-hari biasa.


Media Swara Semesta (6/6),
Yogyakarta.
Merebaknya pandemi Corona tak membuat Sarkem, salah satu tempat legendaris di Jogja itu tutup. Tempat prostitusi terkenal di kota gudeg itu tetap buka walaupun para pengunjungnya tak seramai hari-hari biasa. Namun ada protokol tersendiri bila ingin memasuki Sarkem.

Seperti pada tempat-tempat umum lainnya, bila ingin masuk Sarkem, pengunjung wajib mengenakan masker. Selain itu di setiap rumah juga disediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Namun sayang tak ada protokol khusus lainnya yang diterapkan guna mencegah penularan Virus Corona antara pelanggan dengan penyedia jasa layanan.


“Ya kalau sudah di kamar, masker dilepas, itu sudah urusan masing-masing,” ungkap seseorang penyedia jasa yang tak mau disebut namanya Jum’at (5/6).

Dia pun menambahkan Sarkem sebenarnya sudah membatasi aktivitasnya selama pandemi. Itu artinya, jika ada tamu datang itu berarti dilayani secara sembunyi-sembunyi tanpa sepengetahuan pengelola.

Ketika ditanya tentang  keadaan suasana pandemi, dia  mengatakan "Tak ada bedanya dengan industri lainnya, sebenarnya bisnis di Sarkem juga meredup. Jumlah pengunjung sarkem menurun. Jumlahnya tak sampai 10 orang per hari". Ucapnya.

Dia  mengatakan para pengunjung Sarkem itu didominasi orang lokal atau mereka yang tinggal di sekitar kampung. Akhirnya, jumlah pekerja seks yang mencapai 150 orang itu kesulitan mencari pelanggan.


Karena kondisi tersebut, sebagian pekerja seks memilih pulang ke kampung halamannya. Mereka yang tetap tinggal di Sarkem biasanya adalah mereka yang tak punya tujuan harus pulang ke mana. Akhirnya, mereka memutuskan untuk membuka donasi agar mereka bisa tetap hidup.

“Kami di sini sempat bikin dapur umum sumbangan dari para donatur. Jadi walaupun mereka tidak berpenghasilan yang penting mereka bisa makan,” terangnya. M
Tempat Prostitusi Terkenal Sarkem Tetap buka di Masa Pandemi, Walaupun Pengunjungnya tak seramai hari-hari biasa. Tempat Prostitusi Terkenal Sarkem Tetap buka di Masa Pandemi, Walaupun Pengunjungnya tak seramai hari-hari biasa. Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 5.6.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.