Sebagai Percontohan Desa Rantau Sakti Terpilih, Kapolres dan Bupati Rokan Hulu Launching Program Gerakan "Jago Kampong"



Media Swara Semesta (10/7/2020)
Rokan Hulu - Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Dasmin Ginting, launching Program "Jago Kampong" (jaga kampung ketahanan pangan) ke masyarakat Desa Rantau Sakti, Kecamatan Tambusai Utara. Program itu merupakan Program Kampung Tangguh Nusantara yang dicanangkan Polri serentak secara Nasional, Kamis (9/7/2020). 

Kegiatan launching Program "Jago Kampong" dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman, Waka Polres Rohul KOMPOL Willy Kartamanah, TNI, Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati, KPLP Lapas Klas II B Pasir Pangaraian, para Kabag dan Kasat, Kepala Dinas Badan dan Kantor, camat Tambusai Utara H Mastur S sos M si, Kepala Desa Rantau Sakti, Purwadi ST serta Tokoh masyarakat Desa Rantau Sakti.

Launching "Jago Kampung" ditandai dengan kegiatan penanaman jagung di lahan seluas 2 hektar yang dihibahkan Sijus (Acun) seorang tokoh masyarakat Rantau Sakti pengusaha kebun sawit.dalam mendukung program tersebut.


Kapolres bersama Bupati dan Forkopimda, juga menabur 10 ribu benih ikan nila di kolam dalam lahan tersebut dan memberi penghargaan kepada Kepala Desa Rantau Sakti Purwadi ST dan Sijus (Acun) tokoh masyarakat, yang sudah berpartisipasi menyumbangkan lahannya seluas 2 hektar dalam mendukung program Polri. 

Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting mengatakan, Program Kampung Tangguh Nusantara merupakan Program bersama antara Polres Rohul, TNI dan Pemkab Rohul. Itu untuk menyesuaikan kearifan lokal di Kabupaten Rohul, sehingga program itu dinamakan "Jago Kampung" meskipun substansi kegiatannya sama dengan Kampung Tangguh Nusantara. 

"Program Jaga Kampung bertujuan membangun kemandirian masyarakat disaat situasi new normal khususnya tangguh di bidang pangan," ucap Dasmin Ginting.


selama kegiatan berlangsung tetap menerapkan protokoler kesehatan.

Melalui program itu jelas Kapolres, masyarakat diberikan pendampingan dari Polri,TNI dan Pemkab untuk melaksanakan program pertanian secara profesional. Sehingga diharapkan masyarakat dapat tangguh secara Pangan. 

Kapolres juga memastikan, Program Jaga Kampung akan dilakukan secara berkesinambungan, tidak sebatas kegiatan seremonial saja. 


Selain di Tambusai Utara, lanjut Kapolres, Program Jaga Kampung juga launching di Desa Boncah Kesuma, Kecamatan Kabun. 

"Kedepan, Program ini juga akan menyentuh 145 Desa/ Kelurahan di Rohul juga secara bertahap dan atas dukungan dari Pemda dan Pengusaha" Ujar Kapolres. 

Selain memupuk kemandirian dalam hal ketahanan pangan, program Jaga Kampung ini juga akan membentuk masyarakat yang mandiri dan tangguh dalam bidang Keamanan dan Ketertiban (Khamtibmas).  

Bupati Rohul H. Sukiman, berikan apresiasi ke Polri yang aktif membantu masyarakat dalam penanganan COVID-19. Dirinya berharap melalui program itu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di masa pademi.

"Apa yang dilakukan Polri sangat  membantu Pemerintah, khususnya mempersiapkan masyarakat dalam memulai kehidupan new Normal, dimana saat Pandemi ini masyarakat harus tetap produktif dan bebas COVID 19," ucap Bupati Sukiman.


Bupati berharap, masyarakat bisa melakukan kegiatan Program Jaga Kampung, sehingga diharapkan apa yang sudah diprogramkan bisa mendapatkan hasil yang nantinya berimbas peningkatan kebutuhan hidup keluarga di masyarakat. 

Program tersebut merupakan program kerja sama baik Polri, TNI, Pemkab Rohul dan desa rantau sakti, juga pihak lainnya.

 (SHR)
Sebagai Percontohan Desa Rantau Sakti Terpilih, Kapolres dan Bupati Rokan Hulu Launching Program Gerakan "Jago Kampong" Sebagai Percontohan Desa Rantau Sakti Terpilih, Kapolres dan Bupati Rokan Hulu Launching Program  Gerakan "Jago Kampong" Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 9.7.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.