Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Peringatan HUT RI ke-75 di Rohul Secara Virtual, Bupati Sukiman Ajak Generasi Muda Isi Kemerdekaan Dengan Pembangunan Fisik dan Moral

Responsive Ad Here


Media Swara Semesta (18/8/2020)

Rokan Hulu, 

Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman berharap, perjuangan Pahlawan saat merebut kemerdekaan harus jadi cerminan bagi generasi muda, walupun berbeda suku agama dan ras namun generasi muda harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan baik fisik maupun moral.

Itu disampaikan Bupati Rohul H. Sukiman saat ikuti peringatan HUT RI ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2020) yang digelar secara virtual. Sedangkan Pemkab Rohul melaksanakannya di Pendopo rumah dinas Bupati.


Bupati Sukiman juga menyampaikan rasa syukur di momen kemerdekaan tahun ini, dan diharapkan hal itu dapat memupuk rasa solidaritas dan persatuan demi keutuhan NKRI. Dirinya meminta generasi muda menghargai jasa para pahlawan dengan ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Mantan Dandim Inhil dan Pekanbaru H Sukiman,juga menceritakan pengalaman berkesannya ketika ikut memperjuangkan NKRI di Timor Timur tahun 1975. 


Dinana saat itu kisah Bupati, sebagai seorang TNI yang aktif kala itu dalam memperjuangkan keutuhan NKRI tahun 1975. Dirinya pernah ditugaskan diberbagai wilayah di Indonesia dan mengemban sejumlah jabatan, salah satu pengalaman yang dikenang saat berjuang di Timor Timur pada 1975.

"Waktu berjuang mempertahan NKRI di Timor Timur, ada bagian Timur Barat dan Timor Timur bagian penjajahan Portugis, dalam pertempuran tidak sedikit kawan seperjuangan saya yang gugur, ada yang masih lajang, dan sebagainya," ucapnya.


"Dimana kala itu situasi Politik Timor Timur semakin m emanas, ada 5 partai di Timor timur, 3 partai mendukung Indonesia, dan 2 partainya partai Komunis," ucap Sukiman.

Di tengah berbagai dinamika yang dihadapi, dirinya berharap perjuangan bersama rekan-rekannya dan Para pahlawan pejuang kemerdekaan di masa lalu menjadi cerminan bagi generasi muda. Di masa lalu, para pejuang mengorbankan segalanya untuk berjuang meraih dan mempertahankan kemerdekaan.

"Karena perjuangan itu harus bisa jadi gambaran ke generasi penerus bahwa untuk tegaknya NKRI perlu perjuangan dan pengorbanan. Begitu juga anak muda sekarang, perlu ada perjuangan dan pengorbanan, harus rela berkorban, pantang menyerah, harus bersatu demi Indonesia," harap Sukiman.


Untuk mengisi Kemerdekaan, Generasi Muda dan masyarakat dapat meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa dan mengedukasikan anak-anak generasi muda cinta tanah air.

“Tidak kalah penting, dengan peran kita semua, sekarang ini perjuangan belum selesai. Marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45 dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh untuk mengisi kemerdekaan ini dengan usaha dan kerja keras demi terwujudnya cita-cita pendiri bangsa,” ajak Bupati Sukiman.

Juga disebutkan Bupati Sukiman, walaupun berbeda-beda adat istiadat, agama dan ras tapi tetap bersatu. Tak lupa ia mengajak seluruh masyarakat dari semua kalangan untuk selalu menjaga perdamaian, tidak mudah terprovokasi. Agar tidak memecah belah demi keutuhan NKRI.


Diawal kegiatan, sebagai kado Rohul di Hari HUT Kemerdekaan RI ke 75, Bupati H. Sukiman menerima sertifikat tanah dari ATR/BPN Rohul seluas 15 Hektar dari Pemprov Riau, untuk pembangunan Sport Center Rohul.

Sementara di tempat berbeda, Sekda Abdul Haris Senin (17/8/2020) pagi, menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah putih, yang digelar secara sederhana di halaman kantor Bupati Rohul. 

Hanya 3 anggota Paskibraka yang terlibat pengibaran bendera merah putih, duiringi Marching Band Gita Swara Praja, dan terlihat perwakilan TNI,Polri serta sejumlah pejabat Forkompinda dan pejabat OPD yang hadir di upacara tersebut.

Sedangkan melalui himbauan Pemerintah, dimasa pandemi COVID 19 pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke 75 tahun ini dilaksanakan masing masing OPD, seperti halnya di Rohul masing OPD melaksanakan upacara dimasing masing kantor termasuk kecamatan di Rohul.

Pada sore harinya, Sekda Abdul Haris juga sebagai inspektur upacara penurunan bendera merah putih, yang di lanjutkan vitual penurunan bendera merah putih ,secara langsung dari istana negara yang di hadiri bupati Rohul H Sukiman,pejabat Forkompinda,serta seluruh pejabat eselon ll di jajaran Pemkab rohul.

Namun, walaupun, pelaksanaan upacara, peringatan HUT RI ke 75 di tahun ini, di gelar secara virtual dengan terbatas.tapi di gelar secara khidmat.

(ADV PEMKAP ROHUL)

0 Comments