Resmikan Posyandu Dwi Tunggal Desa Pasir Luhur, Bupati H.Sukiman: Upaya Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat

Media Swara Semesta (20/8/2020)

Kunto Darussalam – Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendukung Program pemerintah Desa di bidang kesehatan seperti Desa, wajib memiliki Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang aktif. Keberadaan Posyandu dinilai sangat penting untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat, dengan manfaat meningkatkan pemberian gizi pada anak dan semakin bisa memperhatikan kesehatan warga secara lebih menyeluruh.

Hal  itu dikatakan Bupati Rohul H. Sukiman didampingi Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman saat meresmikan Posyandu Dwi Tunggal Desa Pasir Luhur, Kecamatan Kunto Darussalam, ditandai dengan penguntingan pita, Selasa (18/8/2020).

Bupati H. Sukiman sangat bersyukur karena pembangunan Posyandu Dwi Tunggal yang berasal dari Dana Desa ini akhirnya tuntas dan bisa di­resmikan. Dikatakan Bupati, pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh masyarakat.

“Gedung Posyandu Dwi Tunggal yang representatif ini bisa dimanfaatkan untuk 2 fungsi, Pos KB dan Posyandu, Semoga dengan telah diresmikannya Posyandu ini untuk masyarakat desa agar bisa memanfaatkan dengan baik, untuk menjaga kesehatan ibu hamil, anak-anak kita, kemudian juga bisa memeriksa kehamilan ibu-ibu dan pelayanan kesehatan anak,” kata Sukiman.

Lanjut Bupati H. Sukiman, Kehadiran Posyandu ini sangat penting dalam membantu kerja Puskesmas. Khususnya dalam pelayanan terhadap kesehatan ibu dan anak.

“Kegiatan yang dilakukan di Posyandu ini nantinya bisa memeriksa kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, peningkatan gizi, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Luhur Soleman mengatakan Posyandu Dwi Tunggal dibangun yang bersumber dari anggaran Dana Desa tahun 2020. Ia berharap tentunya dengan adanya Gedung Posyandu yang baru pelayanan masyarakat dibidang kesehatan bisa maksimal.

“Posyandu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Pasir Luhur tentunya. Bagian dari program kesehatan masyarakat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kader Posyandu yang melaksanakan tugasnya di program Posyandu. Seperti penimbangan bayi, pemberian makanan sehat, dan pelayanan lainnya,”ujarnya.

Dikatakan Soleman, tujuan dibangunnya Posyandu ini untuk meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya untuk memberikan gizi pada ibu dan anak serta kesehatan warga pada umumnya.

“Ini merupakan Program dibidang kesehatan, dengan tujuan bisa menunjang kesehatan masyarakat. Dengan adanya Posyandu ini bisa mengadakan penimbangan dan pemberian asupan gizi tambahan untuk balita dan ibu hamil,” ucapnya.

Serahkan Sertifikat Program Tora Secara Simbolis.

Saat Kunjungan Kerjanya di Desa Pasir Luhur, Bupati H. Sukiman juga menyerahkan secara simbolis 102 Persil sertifikat untuk masyarakat transmigrasi di Desa Pasir Luhur melalui Program TORA dari ATR/BPN Rohul.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, ATR/BPN Rohul, Dinas Transmigrasi Rohul, Pemerintah Desa, Kecamatan, telah bekerjasama dengan baik, sehingga pada tahun ini ada 3.583 Persil untuk masyarakat Rohul yang telah berhasil di sertifikatkan. Kita harap ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian warga dan sudah mempunyai kepastian hukum,” kata Sukiman.

“Insyaallah pada tahun ini akan kita kasih aspal jalan di Desa Pasir Luhur ini, berapa panjangnya disesuaikan dengan ketersediaan dana yang ada, keterlambatan pembangunan ini karena Corona, semua kegiatan di Indonesia terpangkas karena Pandemi Covid-19 ini",tambahnya.

Soleman juga berharap kepada masyarakat yang mengusulkan dan menerima supaya sertifikat tersebut dipelihara dengan baik. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, ATR/BPN Rohul, Dinas Transmigrasi Rohul atas dukungannya. Program sertifikat melalui TORA ini bisa terealisasi dan hari ini kita bagikan 102 Persil,” kata Soleman

Soleman juga mengaku terharu bahagia ketika mendengar Bupati dan Dinas PUPR akan mengapal jalan di Desanya. Ia berharap pada tahun 2020 ini bisa menjadi harapan besar warganya dan bisa terealisasi. 

(Komimpo Rohul/Shr)


Resmikan Posyandu Dwi Tunggal Desa Pasir Luhur, Bupati H.Sukiman: Upaya Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Resmikan Posyandu Dwi Tunggal Desa Pasir Luhur, Bupati H.Sukiman: Upaya Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 20.8.20 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.