Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Bupati Rohul H.Sukiman Serahkan 106 Sertifikat TORA dan Akte Kelahiran, KK, KTP, KIA Ke Warga Desa Pagar Mayang Sekaligus Tinjau Posyandu

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (17/9/2020)

Rokan Hulu - Desa Pagar Mayang laksanakan kegiatan Pelayanan Terpadu Kesehatan Hewan (Yandukeswan) sekaligus serahkan 106 Sertifikat Program Tora serta Dokumen kependudukan kepada warga Desa Pagar Mayang bertempat di aula kantor Desa, Rabu (16/9/2020).

Kegiatan Tampak hadir dalam acara tersebut Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, sekda Rohul H Abdul Haris  Staf ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Ekonomi,  Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kadis DPMPD Margono, Kadis Perkebunan dan Peternakan Agung Nugroho,  Kadis Kesbangpol Musri, Kadis Koptransnaker Zulhendri, S sos MSI Kadis Ketahanan Pangan dan Holtikultura Mubrizal, Kadis Dukcapil Saiful Bahri, Kadis Pelayanan Terpadu dan perijinan Gorneng, S sos MSI Perwakilan ATR/BPN Rohul, DanRamil 0313/KPR/TBS yang diwakili di oleh Serma Syofyan S, Camat Tambusai Utara Mastur, S.Sos, MSI dan kepala desa pagar Mayang,Yanto Pama S.Hut serta Elemen masyarakat lainnya.

Setelah pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, Karyadi ketua Kelompok Tani Karya Sakti mengawali acara dengan menyampaikan bahwa desa Pagar Mayang sangat berpotensi untuk pengembangan ternak sapi karena dikelilingi perusahaan yang kebun nya banyak ditumbuhi rumput, jadi sangat memudahkan bagi petani untuk memberi makan ternaknya. Sapi yang dipelihara warga Pagar Mayang berjenis sapi Bali/madras. 

" Dari jumlah sapi sebanyak  560 ekor semua nya berjenis Sapi Bali/madras, baik yang dikelola oleh kelompok maupun pribadi ", terangnya. Karyadi juga berharap kepada bapak Bupati Agar bisa menambah pengadaan sapi  diPagar Mayang.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Pagar Mayang Yanto S.Hut yang juga berharap kira nya bapak Bupati melalui Kepala- Dinas nya agar bisa memberikan bantuan kepada kelompok tani agar semua kepala keluarga di desa Pagar Mayang bisa memiliki sapi, paling tidak satu ekor setiap  kepala keluarga. Ia juga mengatakan bahwa, saat ini sedang menjalankan Program yang berantai, agar  semua Sektor dapat tersentuh.

Dalam upaya pengembangan ternak sapi di desa Pagar Mayang di tahun 2020, sudah memberikan bantuan kepada petani sebanyak 7 ekor sapi dengan Program yang sudah tertuang dalam RPJMDes dan sudah di masukkan anggaran nya dalam RKPDes 2020. 

"Dan Insyaallah, ditahun 2021 kita akan anggarkan paling tidak nantinya bisa kembali membantu kelompok tani sebanyak 2 atau 3 ekor, tentunya menyesuaikan dengan kemampuan keuangan desa ". Jelas Yanto. 

Terkait dengan pembuatan Dokumen Kependudukan seperti KTP, KK dan Akte kelahiran serta KIA yang merupakan wujud dari program jemput bola Yanto mengatakan,  “Selain cepat dan gratis, warga juga tidak direpotkan jarak tempuh yang jauh untuk membuat KTP, KK, maupun Akte Kelahiran,” katanya.

Masih dalam waktu dan  kesempatan yang sama Bupati juga menyerahkan 106 persil Sertifikat kepada masyarakat Pagar Mayang secara cuma-cuma. Sertifikat yang sebelumnya sudah disiapkan terlebih dahulu oleh kantor Agraria Tata Ruang (ATR) dan  Pertanahan Nasional (BPN) Rokan hulu. Sertifikat TORA diserahkan langsung oleh Bupati Rohul secara Simbolis.

Ia meminta kepada masyarakat, Sertifikat yang telah memiliki Legalitas kepemilikan lahan itu di jaga dan simpan dengan baik, karena Sertifikat sangat sulit mengurusnya dan diberikan hanya satu kali.Dihadapan para warga, Bupati Rohul H.Sukiman menyampaikan.

“Sertifikat yang telah diterima agar dapat dimanfaatkan dengan baik dan jangan digunakan bila tidak Produktif,” Sebut nya mengingatkan.

Dalam akhir sambutannya kades Pagar Mayang mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati dan juga Kepala  kantor Agraria Tata Ruang (ATR) dan  Pertanahan Nasional (BPN) Rokan hulu yang telah mengadakan Sertifikat Tanah kepada  106 masyarakat Pagar Mayang. 

" Ini merupakan Program Sertifikasi tahap kedua karena sebelumnya kita sudah menyerahkan 98 Persil sertifikat kepada masyarakat ungkap," kades pagar Mayang Yanto.


(Wartawan/SHR)

0 Comments