Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Ditinggal ke Warung Kopi, Bengkel di Desa Kotarih, Sergai Terbakar Sambar 4 Rumah Tetangga, Begini Kronologi Kejadian

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (6/9/2020)

Bengkel merangkap tempat tinggal milik Sitopu alias Kengkeng (52) berlokasi di Dusun I, Desa Kotarih Pekan, Kecamatan Kotarih, Kabupaten Serdang Bedagai, ludes terbakar, Sabtu 5 September 2020, sekitar pukul 20.20 Wib. 

“Belum diketahui sumber api yang menghanguskan bengkel tersebut, tetapi akibat kebakaran itu, ruang tengah hingga ke dapur bangunan hangus terbakar dan kerugian material mencapai Rp50 juta,” terang Kapolsek Kotarih, IPTU Domdom Panjaitan kepada wartawan, Minggu (6/9/2020).

Selain itu, sambung Panjaitan, api juga menyambar empat rumah disekitarnya, antara lain rumah milik Masa Br Saragih alias Mamak Parla (60), bangunan dapur habis terbakar dan mengalami kerugian mencapai Rp10 juta.

Kemudian, rumah Masniah Br Sipayung (63), dapur terbakar dengan kerugian mencapai Rp5 juta.

Rumah milik Horna Br Saragih (65), kondisi asbes dan atap seng hangus terbakar dengan kerugian Rp5 juta dan rumah milik Naik Damanik (70), kondisi dinding kanan bagian atas bangunan rumah terbakar dan mengalami kerugian mencapai Rp5 juta.

Kapolsek Kotarih, mengungkapkan bahwa sebelum kejadian, di daerah tersebut sedang mati lampu. Sekira pukul 20.00 Wib, listrik PLN baru menyala. Kemudian, sekitar pukul 20.20 Wib, saksi mata Br Saragih alias Mamak Parla melihat api di bagian dapur bangunan Bengkel Sitopu sudah membesar.

“Lalu dengan spontan dia berteriak keras mengatakan Api…!Api…! Kebakaran…!” ungkap Panjaitan.

Kemudian dijelaskan kapolsek lagi, saksi mata Masniah Br Sipayung keluar dari rumahnya dan melihat kejadian yang sama.

Kemudian Masniah Br sipayung berteriak minta tolong sambil berkata ” Api.. Api… Terbakar… Terbakar sambil menunjuk rumah sebelahnya,” lanjutnya.

Akhirnya dengan spontan warga berdatangan untuk membantu memadamkan api tersebut dengan menyiramkan air pakai ember secara beramai-ramai dan juga dibantu personel Polsek Kotarih, karena jarak TKP dan Polsek hanya sekitar 300 meter.

Selanjutnya, sekitar pukul 21.30 Wib, mobil Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang dan Tim Damkar Kecamatan Dolok Masihol, Kabupaten Serdang Bedagai tiba di TKP. Petugas langsung melakukan pemadaman api untuk lebih menyakinkan supaya api tersebut benar-benar telah padam.

“Diduga api bersumber dari rumah Bengkel Sitopu dan api tersebut telah sempat merambat ke rumah di sebelahnya atau tetangga, sehingga sebagian bangunan rumah ikut terbakar,” ungkap Kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, saat kejadian, pemilik bengkel sedang minum di kedai kopi.

Bangunan bengkel yang terbuat dari kayu dan merupakan bangunan lama membuat api sangat mudah menyebar.

Selain itu, bangunan rumah di sekitar bengkel Sitopu juga dominan berbahan kayu dan tepas bambu.

Petugas juga mendapati meteran lisrik yang terpasang di bengkel tersebut masih dalam keadaan aktif dan normal.

“Dugaan sementara terjadinya kebakaran tersebut masih dalam Lidik. Dan data sementara total kerugian materil atas kejadian tersebut sekitar Rp70 juta dan tidak ada korban jiwa,” pungkas Panjaitan.


(dgr/an)

0 Comments