Kemenag Rohul Peringatan HAB ke 75 Degan Tema "Indonesia Rukun"

Media Swara Semesta (8/1/2021),

Rokan Hulu - Pada puncak peringatan upacara Hari Amal Bhakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) RI tingkat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) digelar secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

HAB ke 75 Kemenag awal tahun 2021, mengusung tema "Indonesia Rukun" digelar di halaman  sekolan MAN 1 Rambah, Desa Rambah Tengah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (5/1/2021) pukul 08.00 WIB.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Ir.M.Ruslan.M.Si, mewakili Bupati Rohul H.Sukiman, bertindak sebagai inspektur upacara diikuti para peserta dari para guru Man 1 Rambah dan KUA se Kecamatan Rambah, juga hadir Kakan Kemenag Rohul Drs.Syahrudin, M.Sy, Kepala Sekolah MAN 1 Rambah Dewi Sami Wardani.

Asisten Ekbang M.Ruslan, mengucapkan selamat kepada para penerima Satya lencana yang akan di berikan pada upacara HAB ke-75 tahun ini.

HAB dirayakan sejak 3 Januari 1946, saat itu dibentuk melalui usulan sejumlah tokoh ulama dalam sidang Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), Kemenag pertama kali dipimpin Menteri Agama H.Mohammad Rasjidi yang sudah melintasi sejarah panjang.

"Diusia 75 tahun Kemenag, mari kita maknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi dimasa mendatang," harap M.Ruslan.

M.Ruslan juga sampaikan harapan kedepannya, bahwa agama yang merupakan pedoman hidup kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan ini perlu dipertahankan.

Ruslan juga berharap, jangan sampai kita agama Islam sampai terjadi perselisihan, dan menurutnya yang terjadi saat ini seperti yang banyak dibicarakan dalam berbagai media itu adalah golongan, atau organisasi yang mungkin ada yang tidak setuju dengan adanya itu dan sebagainya,

"Islam harus sama dan berpedoman pada Al Quran dan Hadits yang menuntun dalam kehidupan kita," ujarnya.

"Sesuai tema HAB ke 75 hari ini, mari kita jaga kerukunan antar satu agama dan juga antar agama lain supaya negara kita Indonesia ini menjadi aman,damai, tentram, dan sejahtera seperti apa yang telah diamanatkan dalam UUD 1945," imbaunya.

Kakan Kemenag Rohul Syahrudin mengakui, sesuai surat edaran dari kementerian agama seluruh Indonesia serentak menggelar upacara yang ditujukan ke seluruh satker. Di Rohul sendiri ada 7 satker yang mengikuti HAB, MTS ada 5, MAN 1 dan Kementerian Agama.

kemenag sendiri membuat kebijakan agar upacara dijadikan satu, bila setiap satker membuat upacara dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan, karena itu kegiatan upacara hanya dilakukan di MAN 1 Rambah ini dengan diikuti hanya sebanyak 50 orang.

"Hari ini telah diserahkan Satya Lencana bagi 23 orang yang sudah mengabdi dilingkungan Kemenag, dengan rincian 1 orang Satya lencana 30 tahun, 7 orang 20 tahun dan 15 orang 10 tahun," terang Syahrudin.

Selain dari pada itu tambah Syahrudin, juga akan dilakukan kegiatan pembagian piagam penghargaan bagi siswa siswi berprestasi yang akan diserahkan di Kantor Kemenag Rohul, kemudian akan memberikan sumbangan bagi panti asuhan, santuan anak yatim, serta memberikan bantuan bagi pensiunan janda.

Saat pelaksanaan upacara HAB ke-75, tidak lepas dari penerapan protokol kesehatan, dengan mentaati 4 M ( Menjaga jarak, menghindari kerumunan, mencuci tangan dan memakai masker), serta dalam pelaksanaan upacara ini berlangsung aman, lancar dan kondusif. 


(Adv/ Pemkab Rokan Hulu).

Kemenag Rohul Peringatan HAB ke 75 Degan Tema "Indonesia Rukun" Kemenag Rohul Peringatan HAB ke 75 Degan Tema "Indonesia Rukun" Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 7.1.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.