Terkait Usulan Pintu Tol di Rohul, Pemkab Rohul Sudah Sampaikan Data Justek ke Provinsi Riau

Media Swara Semesta (13/1/2021),

Rokan Hulu - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sudah sampaikan data Justifikasi Tekhnis (Justek) ke Pemprov Riau, menghubungkan konektivitas jalan tol ke Wilayah Rohul yang melintas ruas jalan Rantau Berangin Tandun – Pasir Pangaraian.

Data Justek usulan Pemkab Rohul, terkait pintu keluar -masuk tol arah Rohul diusulkan, pada titik koordinat 100°53’27,6″E0°19’58,8″N, di ruas tol Rantau Berangin – Tandun – Silam.

Didalam surat susulan tertanggal 7 Januari 2021, Bupati Rohul H Sukiman menyatakan, bahwa tujuan permohonan pembangunan pintu keluar –masuk Tol ke Rohul, untuk mendorong konektivitas pulau Sumatera melalui peningkatan Pembangunan ruas jalan jalur lintas Barat dan lintas Timur yang terkoneksi antara selat Malaka dengan Samudera Hindia.

"Termasuk mendukung insfrasruktur kawasan andalan Ujung Batu – Bagan Batu, pada sektor unggulan Industri Migas, Perkebunan, Pertanian, Minyak dan Gas Bumi serta kawasan Strategis Nasional Hutan Lindung Mahato (provinsi Riau)," unkap Bupati Rohul H.Sukiman, kemarin.

Bupati Sukinan menambahkan, selain itu juga untuk meningkatkan konektivitas tiga pusat kegiatan ekonomi Riau – Sumatera Barat – Sumatera Utara, yang nantinya melintasi wilayah Rohul. Selain itu meningkatkan perkembangan kawasan perkotaan di Kabupaten Rohul,” jelas Sukiman.

Juga disebutkan, usulan itu juga upaya memperpendek waktu tempuh Ibu Kota Rohul – Pekanbaru, Sumbar dan Sumut serta mempermudah arus lalu lintas barang jasa, baik produk UMKM, hasil olahan perusahaan untuk mendorong kegiatan ekonomi serta aksessibilitas masyarakat pada sektor Wisata religi dan alam di Rohul.

Dalam uraian tekhnik disebutkan, bahwa perkembangan kegiatan Rohul cukup pesat. Karena berbagai isu strategis kedepan dan ramai dibahas, pada dasarnya berorientasi percepatan pembangunan, ekonomi wilayah, Kesra, dan menanggapi permintaan‐dari para investor menanamkan investasinya di Rohul.

Kemudian, Roh sebagai daerah berkembang daya saing (comparative advantage) cukup baik.Laku posisi kabupaten Rohul sangat strategis, yakni persis di tengah berberapa daerah yang memiliki potensi unggulan, seperti kwasan andalan Ujung Batu – Bagan Batu sektor unggulan Industri, Migas, Perkebunan, Pertanian, Minyak dan Gas serta posisi di Kawasan Strategis Nasional Hutan Lindung Mahato (Riau).

Posisi Rohul juga strategis dengan Kota Dumai, dengan potensi Perdagangan Bebas (Free Trade Zone), pabrik minyak dan pengolahan minyak, Gerbang ekspor minyak Indonesia dan Pelabuhan internasional. Teemasuk strategis dengan potensi Bengkalis, Rokan Hilir, Siak, Kampar, Pekanbaru, Sumatera Utara, sehingga akan ada saling ketergantungan.

“Konektivitas Sumbar– Riau melintasi Rohul sepanjang 165,69 KM, dihubungkan melalui jalan Rantau Berangin -Tandun–Pasir Pangaraian – Ujung Batu–Rokan–Batas Sumbar sepanjang 133,69 KM di Riau, dihubungkan dengan Jalan Lintas Nasional melalui ruas Rao–Rokan–Batas Riau sepanjang 32 KM di Sumbar,” tulis Bupati Sukiman."


(Hsb/SHR)

Terkait Usulan Pintu Tol di Rohul, Pemkab Rohul Sudah Sampaikan Data Justek ke Provinsi Riau Terkait Usulan Pintu Tol di Rohul, Pemkab Rohul Sudah Sampaikan Data Justek ke Provinsi Riau Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 12.1.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.