Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Angin Puting Beliung Hantam kecamatan Kepenuhan, Sekda : Pemkab rohul Upayakan Bantu Melalui BPBD Rohul

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (14/2/2021),

Rokan hulu- Akibat Diterjang Angin Puting Beliung pada Rabu (10/2/2021) sekira Pukul 21.00 Wib, 80 Rumah, 5 Tower, 10 Los Pasar dan 5 Kanopi di Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kab. Rokan Hulu (Rohul) rusak parah. Estimasi kerugian materil diperkirakan mencapai 1,5 Milyar.

Sebagai bentuk responsif dan menunjuk keberadaan Pemkab Rohul itu ada ditengah masyarakat, Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kamis (11/2/2021) meninjau ke lokasi korban Angin Puting Beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah.

Sekda Abdul Haris didampingi Plt Asisten 1 Bidang Pemerintahan Bisman, Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos, Kapolsek, Danramil menyisir dan meninjau langsung ke beberapa lokasi korban bencana yang menerjang rumah warga dan fasilitas umum lainnya.

“Iya, kami tadi sudah meninjau kelokasi korban angin Puting Beliung, Kami sudah memerintahkan petugas dari BPBD Rohul untuk mengevakuasi kejadian dan melakukan pendataan terkait berapa jumlah rumah warga yang rusak,” kata Sekda kepada Media Center Diskominfo Rohul melalui Via What'sApp, Kamis (11/2/2021).

Saat dirinya meninjau ke lokasi bencana Angin puting beliung, Sekda mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu akan berupaya membantu korban Angin Puting Beliung di Kepenuhan. 

Hal ini sesuai dengan aturan dan skala prioritas yang harus di ikuti melalui pos anggaran di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul. 

“Untuk informasi saat ini, Pemkab Rohul menunggu pendataan dan laporan lengkap dari Camat dan Pemerintah setempat dan akan kita upayakan membantu melalui BPBD Rohul,” jelas Sekda.

Sekda Abdul Haris juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh masyarakat, jajaran dan unsur Pimpinan Kecamatan Kepenuhan, Polisi dan TNI yang telah bergerak cepat dan bergotong royong dalam membantu korban bencana angin puting beliung di wilayah Keluruhan Kepenuhan Tengah.

Sementara itu, Camat Kepenuhan Gustia Hendri S.Sos saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul via telephone, Kamis (11/2/2021) mengatakan berdasarkan pendataan yang dilakukan, sebanyak 80 Rumah, 5 Tower, 10 Los Pasar Minggu dan 5 Kanopi diterjang Angin Puting Beliung.

"Atas Perintah pak Sekda, kita sudah selesai melakukan pendataan, jumlah kerugian materil terdampak bencana angin puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah lebih kurang 1.5 Milyar,” kata Camat Kepenuhan

Lanjut Gustia, bersama jajaran Polsek dan Koramil Kepenuhan serta masyarakat sudah melaksanakan bergotong royong bersama warga, karena ada satu rumah warga yang rusak parah, apalagi korban ini dari segi ekonomi kurang mampu.

Selain Rumah warga, Camat Kepenuhan juga mengaku ada fasilitas dan gedung yang rusak parah akibat angin puting beliung seperti Gedung Pertemuan Kota Tengah, Rumah, Tower, Parkir Kantor Camat Kepenuhan

"Saat kejadian pada Rabu malam sekitar pukul 21.00 Wib sampai dengan Pukul 22.00 Wib, saat kejadian Jaringan PLN juga sempat lumpuh, karena ada tiang listrik yang tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang," ucap nya.


(*shr)

0 Comments