Menanggapi Surat Keputusan Bersama 3 Menteri Tentang Seragam Sekolah, ini Kata Disdik Sumut

Media Swara Semesta (7/2/2021), 

Menanggapi Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri, Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) akan mengikutinya. Hal ini dikatakan Plt Kepala Disdik Sumut, Lasro Marbun.

“Tentunya kita akan mengikutinya. Perlu diketahui isi dari keputusan ini adalah bahwa di berikan kebebasan pada peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan untuk menggunakan seragam yang bernuansa agama atau tidak bernuansa agama,” sebut Lasro melalui sabungan selulernya, Minggu (7/2/21).

SKB tersebut lahir pada 3 Februari 2021. Tiga menteri yang bersepakat yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas resmi menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri.

Adapun penerbitan SKB 3 Menteri ini terkait penggunaan pakaian seragam dan atribut bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah negeri jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Lasro menuturkan, tidak boleh ada pemaksaan untuk penggunaan atribut tertentu. Dan, dalam SKB 3 Menteri itu diberikan kewenangan pada Gubernur selaku wakil pemerintah pusat di daerah untuk memonitor dan menertibkan dan melaksanakan lah peraturan keputusan ini di daerah kabupaten kota.

“Untuk dinas pendidikan karena di bawah wewenang pak Gubernur. Maka, kemungkinan Senin (besok) saya akan surati kabupaten/kota suratnya pak Gubernur. Kita akan mengingatkan dan berkoordinasi pada kepala-kepala sekolah untuk mentaati keputusan tersebut terutama di sekolah menengah atas,” jelasnya.

Sementara itu, Saat ditanyakan mengenai hasil rapat mengenai Ujian Akhir Sekolah (UAS), Lasro menyebutkan Disdik Sumut sedapat mungkin mengoptimalkan potensi yang ada. Dimana Disdik Sumut saat ini tengah menyurati sekolah-sekolah yang memiliki laboratorium komputer.

“Jadi ini masih persiapan saja. Kita melakukan pemetaan pada setiap sekolah mana yang telah memiliki komputer sehingga kita punya data base untuk SMK dan SMA yang memiliki laboratorium komputer. Ini persiapan kita bila nanti UAS dilakukan dengan komputer sehingga kita bisa tahu kemampuan kita karena sudah tahu kekurangan yang kita miliki,” terangnya seraya berkata masih menunggu juknis dari kementerian untuk UAS.


(dgr/an)

Menanggapi Surat Keputusan Bersama 3 Menteri Tentang Seragam Sekolah, ini Kata Disdik Sumut Menanggapi Surat Keputusan Bersama 3 Menteri Tentang Seragam Sekolah, ini Kata Disdik Sumut Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 7.2.21 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.