Puluhan Hektar Lereng Hutan di Pusuk Buhit Samosir Dilahap Sijago Merah

Media Swara Semesta (21/2/2021),

Hutan lahan gambut yang berada di lereng bukit Pusuk Buhit Kelurahan Siogung Ogung, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir terbakar. 

Dari informasi yang diperoleh bahwa, terbakarnya hutan yang berlokasi di kawasan wisata Danau Toba tersebut sudah terjadi sejak Jumat (19/2/2021) siang.

Hembusan angin kencang di lokasi hutan yang terbakar menyebabkan api dengan cepat berkobar dan terus menjalar di areal yang dikelilingi lahan gambut itu.

Tidak hanya itu, kebakaran hutan lahan gambut tersebut diperkirakan telah mencapai 20 hektar.

Untuk mencegah penyebaran api semakin luas, pemadam kebakaran dan warga setempat bahu membahu menjinakkan si jago merah.

Belum diketahui pasti penyebab kawasan hutan lahan gambut di bukit Pusuk Buhit tersebut terbakar. Dan hingga kini, warga serta petugas juga masih berjibaku di lapangan untuk memadamkan api.

Salah satu personel Polres Samosir yang turut ke lokasi kejadian Aiptu Awaluddin mengatakan bahwa petugas terus berupaya memadamkan api di lokasi lahan yang terbakar.

“Karena angin kencang dan lahan yang kering, api sulit dikendalikan. Apalagi titik api memang sulit dijangkau,” katanya, Sabtu (20/2/2021).

Untuk mencegah meluasnya api dan hal serupa tidak terjadi, pihak kepolisian mengimbau kepada warga agar tidak melakukan pembakaran lahan dengan alasan pembukaan lahan.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan agar tidak terjadi seperti ini,” imbaunya.

Diketahui, Bukit Pusuk Buhit terletak di area Pulau Samosir. Bukit ini berada di tiga area Kecamatan, yaitu Pengururan, Sianjur Mula-mula, dan Harian Boho, Kabupaten Samosir,

Pusuk Buhit juga merupakan salah satu puncak di pinggir barat Danau Toba yang berada di ketinggian 1.982 mdpl.



(dgr/an)

Puluhan Hektar Lereng Hutan di Pusuk Buhit Samosir Dilahap Sijago Merah Puluhan Hektar Lereng Hutan di Pusuk Buhit Samosir Dilahap Sijago Merah Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 20.2.21 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.