Bapenda dan BRK Rohul Jalin Kerja Sama Pembayaran Pajak Daerah via Online

Media Swara Semesta (10/3/2021)

Pasir Pengaraian- Dalam memberikan kemudahan ke masyarakat dan Wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus berinovasi manfaatkan teknologi untuk berikan kemudahan membayar pajak.

Yakni dengan membayar pajak melalui sistem Online bekerjasama dengan Bank Riau Kepri (BRK) Cabang Pasir Pangaraian. Kerja sama itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Bapenda Rohul dengan BRK Cabang Pasir Pangaraian, di Kantor Bapenda Rohul, Selasa (9/3/2021).

Dikegiatan itu, juga hadir Pimcab BRK Pasir Pengaraian Bobby Ferdian, Sekretaris Bapenda Rohul Zulheri SE, Dirut Perumda RHJ Marjeni, Sekretaris BPKAD Asikin SE, Kabid PIKP Diskominfo Rohul H. Erwan SP M.Agric, Wajib Pajak dan Staf Bapenda.

Sekretaris Bapenda Rohul Zulheri SE mengatakan, tujuan dibuatnya Layanan Penerimaan Pembayaran Pajak Daerah secara online ini dalam rangka penyelanggaraan pemerintah yang bersih dan transparan.

Sehingga dengan harapan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Pajak Daerah.

"Pemkab melalui Bapenda Rohul bekerjasama dengan BRK Cabang Pasir Pangaraian dalam layanan penerimaan pembayaran pajak secara online, mulai hari ini kita laksanakan pembayaran pajak dengan non tunai," sebut Zulheri.

"Dengan sistem online ini juga Efeisien tidak lagi banyak menggunakan kertas, ketika sudah conect dengan sistem akan mudah membayar pajak, khususnya 9 objek pajak daerah secara online," ucapnya.

Objek Pajak daerah jelas Zulheri, seperti Pajak Hotel, Restoran, Reklame, Pajak Penerangan jalan, Hiburan, Parkir, sarang Burung Walet dan mineral bukan Logam.

Zulheri juga mengakui, pembayaran Plpajak sistem online sudah dirancang BRK dengan Bapenda Rohul sejak 2 bulan secara marathon, sehingga terciptanya sistem untuk mempermudahkan wajib pajak dalam membayar pajak secara online.

"Launching kita pada pagi ini, akan diarahkan untuk objek pajak penerimaan pembayaran daerah. Sistem ini sudah kita susun bersama BRK selama 2 tahun terakhir dengan melibatkan Tim Digital BRK Pusat," jelasnya.

Zulheri juga mengaku dengan diundangnya Wajib Pajak ini sebagai Duta Pembayaran Pajak secara online, ini sebagai perpanjangan tangan Bapenda untuk menyampaikan kepada masyarakat.

Pimpinan Cabang BRK Pasir Pangaraian Bobby Ferdian mengaku BRK Cabang Pasir Pengaraian siap mendukung dan bekerjasama dengan Bapenda Rohul dalam transaksi pembayaran pajak sistem online, untuk membantu Pemkab Rohul untuk pengelolaan keuangan yang efektif, transparan dan akuntabel.

"Kami sebagai bank daerah tentunya mensupport Bappenda Rohul, seperti arahan dari Kemendagri dan BI setiap transaksi harus dilakukan dengan non tunai, salah satu dengan Pajak Daerah Langsung (PDL) ada 9 Pajak Daerah, yang dikembangkan oleh Bependa Rohul agar masyarakat dan wajib pajak diberi kemudahan dalam hal melakukan pembayaran pajak," sebut Bobby.

Bobby menambahkan, BRK Cabang Pasir Pangaraian hadir memberikan layanan dan kemudahan sehingga masyarakat ataupun wajib pajak yang ada di Kabupaten Rohul bisa dilayani dengan baik.

Katanya lagi, dengan harapan Pencatatan Pendapatan Daerah juga lebih efektif efisien dan akuntabel. Untuk tahap awal ini memang Wajib Pajak harus datang ke counter atau teller yang ada di BRK. Kedepannya akan kembangkan e-Channel ATM dan pembayaran elektronik.

"Kedepannya juga tersedia di e-Comerce juga sudah kita kembangkan kerjasama dengan Gopay dan lainnya, sudah kita lakukan kerjasama, sehingga masyarakat diberi kemudahan dimanapun kapanpun mereka bisa bayar pajak untuk meningkatkan PAD Rohul," kata Bobby.

Salah seorang Wajib Pajak Sarang Burung Walet, H.Erwan mengapresiasi inovasi Bapenda Rohul bekerjasama dengan BRK Cabang Pasir Pelangaraian dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam layanan penerimaan pembayaran pajak daerah secara online.

"Saya selaku masyarakat dan wajib pajak mendukung dan mengapresiasi terobosan Bapenda dan BRK ini untuk memberikan kemudahan dalam membayar pajak. Saya sendiri merasa ada kemudahan saat membayar pajak sarang burung walet dengan sistem online ini, dinilai lebih efektif dan efisien serta diproyeksi bisa meningkatkan PAD Rohul," sebut H. Erwan yang juga Kabid PIKP Diskominfo Rohul. 



(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)


Bapenda dan BRK Rohul Jalin Kerja Sama Pembayaran Pajak Daerah via Online Bapenda dan BRK Rohul Jalin Kerja Sama Pembayaran Pajak Daerah via Online Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 10.3.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.