Bupati Rohul H, Sukiman hadiri Musrenbang TA 2022, di gelar convention Hall Masjid Islami center

Media Swara Semesta (30/3/2021)

Dalam penyusunan kerja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menggelar Musyawarah rencana pembangunan (Musrembang) Tahun Anggaran (TA) 2022.

Musrembang yang ditaja Bappeda Rohul, digelar di Convention Hall Masjid Islamic Center Pasir Pangaraian, Senin (29/3/2021) pagi, dihadiri Bupati Rohul H Sukiman, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti, anggota DPRD Riau H Syamsurizal, Anggota DPRD Kabupaten Rohul Ali Imran, Kepala Bappeda Rohul M. Zaki.

Juga hadir Unsur Forkopimda, Kepala OPD, perwakilan Camat, Kades, tokoh masyarakat yang hadir secara langsung maupun melalui zoom meeting dari kantornya maisng-masing, dan selama kegiatan tetap diterapkan Protokol kesehatan.

Dalam laporan, ketua penyelenggara yang juga Bappeda Rohul M Zaki mengatakan, bahwa dasar penyelenggarakan Musrenbang TA 2022 yakni Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. 

"Tujuan Musrenbang Kabupaten Rohul,  dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2022," terangnya. 

Kemudian tambah M.Zaki, dari Musrenbang nantinya menghasilkan masukan guna penyempurnaan rancangan RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah, pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi PD, rancangan alokasi dana desa sekaligus kegiatan yang pendanaannya berasal dari APBD Provinsi, APBN maupun sumber pendanaan lainnya. 

"Juga ini merupakan pelaporan hasil sinkronisasi perencaan pembangunan daerah Kabupaten Rohul," tambah M.Zaki. 

Sedabgkan Bupati Rohul H Sukiman dalam sambutannya mengatakan, dari Musrenbang tersebut nantinya dapat mengevaluasi hasil pelaksanaan RKPD tahun lalu, rancangan kerangka ekonomi daerah beserta kebijakan keuangan dan sasaran pembangunan prioritas. 

Bupati Sukiman juga menyatakan, tentang pencapaian kinerja pembangunan di Kabupaten Rohul.

"Dari data menunjukkan hasilnya memuaskan, diantaranya mengenai pertumbuhan ekonomi di Rohul tahun 2020 mencapai 1,51 persen, mengalami penurunan dibandingkan tahun 2019 sebesar 4,93 persen. Uni dikarenakan dampak Pandemi Covid-19," sebut Bupati Sukiman.

Selain itu tambah Bupati Sukiman, PDRB per kapita dasar harga berlaku mengalami penurunan dari Rp48,99 juta ditahun 2019, sedangkan tahun 2020 menjadi Rp36,08 juta.

"Persentase kemiskinan juga mengalami penurunan, dimana tahun 2019 turun 10,53 persen, sedangkan di 2020 turun menjadi 10,31 persen," kata Bupati Sukiman.

Kanjut Bupati, kemudian tingkat pengangguran terbuka menurun dari angka 4,71 persen ditahun 2018, menjadi 4,42 persen pada tahun 2020. 

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga alami penurunan, pada tahun 2019 sebesar 63,93 menjadi 69,38 pada 2020," sebut Bupati

Bupati mengatakan, semua Keberhasilan itu merupakan hasil kerja keras Pemerintah Daerah bersama elemen masyarakat Rohul.Untuk prioritas pembangunan Kabupaten Rohul pada tahun 2022 akan terfokus pada peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan pemenuhan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan.

"Selain itu juga mewujudkan kemandirian, dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi lokal untuk dapat bersaing dalam menurunkan angka kemiskinan," jelas Bupati. 

Bupati menjelaskan, bahwa dalam pemenuhan Infrastruktur dasar pedesaan dan peningkatan kualitas infrastruktur kota, juga jadi prioritas Pembangunan Kabupaten Rohuk di tahun 2022 mendatang. 

"Beharap kedepannya terjadi peningkatan kualitas kehidupan keagamaan dan kebudayaan sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan tata kelola Pemerintah yang bersih,efektif serta kehidupan politik dan penegakan hukum," harap Bupati **shr

Bupati Rohul H, Sukiman hadiri Musrenbang TA 2022, di gelar convention Hall Masjid Islami center Bupati Rohul H, Sukiman hadiri Musrenbang  TA 2022, di gelar convention Hall Masjid Islami center Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 29.3.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.