Sekolah Tatap Muka Semakin Menguat




Media Swara Semesta (23/2/2021)

sekolah tatap muka menguat. Salah satu indikatornya, isu tersebut kencang menggelinding akhir-akhir ini. Sekitar empat bulan jelang tahun ajaran baru sekolah, banyak pihak memberikan dukungan rencana tersebut. Namun tak sedikit pula yang masih waswas sehingga terlihat bernada kontra.Meski begitu ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan tahun lalu. Kala pandemi korona (Covid-19) mulai melanda Indonesia dan diikuti dengan kebijakan sekolahonline, para orang tua dan masyarakat umumnya cenderung meminta agar menghindari pembelajaran tatap muka. Mayoritas sepakat, dengan tatap muka, potensi penularan virus korona akan makin besar.

Namun seiring perjalanan waktu, sekolah online ternyata menyisakan banyak persoalan. Mulai dari pola belajar yang menjemukan, keterbatasan alat belajar, sinyal internet susah, kekerasan dalam rumah tangga hingga persoalan sosial. Berangkat dari sederet sisi negatif itu, membuka sekolah tatap muka pada tahun ajaran ini dinilai menjadi pilihan terbaik. Tentu pembukaan itu tidak bisa serampangan. Protokol kesehatan ketat misalnya menjadi sarat yang tak bisa ditanggalkan.

Sikap hati-hati itu sudah mulai ditunjukkan Pemprov JawaTengah dan DKI Jakarta. Sebelum resmi membuka sekolah tatap muka Juli kelak, sekolah-sekolah di Jawa Tengah akan diminta menggelar simulasi pada April mendatang. Sementara Pemprov DKI akan membuat sekolah rintisan (pilot project) terlebih dahulu sebelum menerapkan kebijakan ini secara menyeluruh. (SN/red)
Sekolah Tatap Muka Semakin Menguat Sekolah Tatap Muka Semakin Menguat Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 22.3.21 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.