Selidiki Penyebab Karhutla 17,5 Ha di Nagan Raya Aceh, Polisi Panggil Aparat Desa

Media Swara Semesta (5/3/2021),

Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) seluas 17,5 Ha di Nagan Raya, Aceh kini dalam penyelidikan polisi. Penyelidikan yang dilakukan guna memastikan ada tidaknya unsur kelalaian atau kesengajaan.

“Masih kami selidiki, apakah karhutla ini dibakar atau tidak, masih kami cari tahu,” kata Kapolres Nagan Raya Aceh, AKBP Risno di Suka Makmue, Kamis (4/3/2021).

Dia menambahkan, pihaknya juga sudah menjadwalkan pemeriksaan terhadap aparat desa di sekitar lokasi kejadian. Mereka akan dimintai keterangan terkait persoalan ini.

Tidak menutup kemungkinan, para pemilik lahan yang terbakar tersebut akan dimintai keterangan oleh penyidik.

“Lahan yang terbakar ini kan milik perorangan (warga). Makanya kita selidiki untuk memastikan penyebabnya,” katanya. 

Sebelumnya, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada saat melakukan pemantauan ke lokasi kebakaran hutan dan lahan di perbatasan Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya pada Selasa (2/3/2021).

Dia menegaskan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Aceh akibat dibakar.

“90 persen karena dibakar. Kata Kepala BPBA juga begitu, karena dibakar,” kata Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada.

Untuk itu, kapolda meminta kepada seluruh jajaran kepolisian di Aceh agar tidak ragu melakukan langkah hukum, terhadap siapa pun pelaku pembakar lahan di daerah ini. Kepolisian akan menindak tegas siapa pun pelakunya.

Kapolda Aceh juga meminta kepada seluruh jajaran polres di Aceh agar tetap memroses siapa pun pelaku yang telah menyebabkan terjadinya kebakaran lahan.

“Sepanjang untuk kepentingan masyarakat, untuk kepentingan anak cucu kita, jangan ragu, jangan takut, tabrak,” kata Kapolda Wahyu Widada.



(dgr/an)

Selidiki Penyebab Karhutla 17,5 Ha di Nagan Raya Aceh, Polisi Panggil Aparat Desa Selidiki Penyebab Karhutla 17,5 Ha di Nagan Raya Aceh, Polisi Panggil Aparat Desa Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 4.3.21 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.