Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat bersama Polres Rohul Sosialisasikan Penanggulangan Covid 19 Beserta Formula Efektif 3E dan 3T

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (4/6/2021),

Rokan hulu– AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK.MH Kapolres Rohul bersama Bupati Rohul melalui Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Rohul Ridarmanto SIP, melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19, di Aula Kantor Camat Rambah, Kamis (3/6/2021).

Terlihat dalam kegiatan hadir Kasat Binmas AKP Hermawan, S.Sos, Camat Rambah Ari Gunadi S.STP, Kapolsek Rambah IPTU Hasmin, Danramil 02 Rbh, Kapten Inf Kasmir, Pj Kepala Puskesmas Rambah Adam Budi SKM, para Kepala Desa dan Lurah se Rambah serta lainnya.

Pada kesempatan, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, menyampaikan kepada para kades dan Lurah bahwa formula efektif yang cukup manjur untuk menanggulangi Wabah Covid 19 adalah 5 M yakni Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan serta Membatasi mobilisasi dan interaksi.

Kemudian, 3 E  yakni, Education (Pendidikan) Engineering (Tekhnik Perlengkapan),  Enprousment (Yustisi), selanjutnya, 3T terdiri dari tiga kata yakni pemeriksaan dini (Testing), pelacakan (Tracing), dan perawatan (Treatment).

Kapolres juga menegaskan, khusus bagi Masyarakat yang akan melakukan kegiatan hajatan atau pesta perkawinan agar para kepala desa dan Lurah sementara untuk menghentikannya dalam upaya untuk pencegahan.

“Jangan pula Kades yang melakukan pesta perkawinan, kita harapkan para Kades dan lurah ini bisa menjadi teladan dan contoh agar tidak membuat kerumunan" ucapnya.

“Jika ada yang sulit di atasi tak bisa dihentikan, silahkan dikomunikasikan dengan Bhabinkamtibmas, bila perlu dengan Kasat Binmas AKP Hermawan, ataupun ke- saya juga boleh,

“Untuk Vaksinisasi, sekitar 65 ribu Warga yang sudah mengikutinya, untuk itu, Kapolres meminta Petugas Tenaga Kesehatan (Nakes) harus jemput bola, kemudian begitu juga Bhabinkamtibmas, upayakan bisa ada Pasien Lanjut Usia (Lansia) setidaknya ada lima orang setiap harinya,” terangnya

“Karena informasi dari Dinas Kesehatan kita masuk ada ribuan Vaksin untuk masyarakat. Saya maunya setiap hari ada vaksinasi massal,” tambahnya.

Kemudian diterangkannya , untuk tempat-tempat ibadah baik itu Masjid dan Gereja, kades harus ada membuat himbauan di sana berupa spanduk.

“Dari Anggaran Dana Desa (DD) ada 8 persen untuk penanganan yang seperti ini, Kita harap supaya ada himbauan penanggulangan Covid 19 di rumah ibadah tersebut,” tuturnya.

Masih di tempat yang sama, Kasat Pol PP Damkar Rohul Ridarmanto, SIP, memghimbau masyarakat dalam mencegah virus berbahaya ini, maka tetap Ikuti Prokes Covid-19.

“Covid 19 itu benar-benar ada, wabah berbahaya yang harus diwaspadai, untuk penanggulagan dilakukan Vaksinisasi, maka butuh dukungan dan kerjasama dari semua pihak agar bisa terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Selanjutnya, Camat Rambah Ari Gunadi S STP berterimakasih kepada Kapolres Rohul dan Kasat Pol PP Damkar Rohul yang telah mensosialisasikan penanggulangan bahaya Covid 19.

“Semoga apa yang kita lakukan ini, supaya bisa bermanfaat dan kita terhindar dari bahaya virus tersebut, kiranya ini menjadi amal bagi kita,” tutup Camat Rambah mengakhiri.


*(shr/Red)

0 Comments