Pemberdayaan SDM Menuju Peningkatan Nilai Perekonomian Masyarakat Desa Gunung Monako, Kecamatan Sipispis

 


Media Swara Semesta (30/7/2021)

Berita Gambar

Umumnya, lidi dari pelepah sawit dimanfaatkan untuk pembuatan sapu lidi. Namun, dengan berkembangnya inovasi dan preferensi pasar, lidi sawit telah dikembangkan menjadi beberapa jenis produk kerajinan (handcraft) seperti piring anyaman hingga tas.

Saat ini memang sudah ada yang memanfaatkan lidi sawit sebagai produk yang menghasilkan uang. Lidi sawit diolah menjadi kerajinan tangan, bahkan kulit pelepah sawit bisa dijadikan bahan kerajinan mebel, ucap Sukimin Kepala Desa Gunung Monako, Kamis 29 Juli 2021 saat penutupan pelatihan kerajinan handicraft di kantor Desa Gunung Monako.

Sukimin sengaja mengambil pelatihan handcraft berbahan lidi sawit agar ibu-ibu masyarakat Desa Gunung Monako bertambah wawasannya bahwa disekitar mereka ada bahan yang berpotensi nilai jual tinggi sehingga mampu mendongkrak perekonomian kedepannya.

Kita tidak usah malu-malu untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga, manfaatkan potensi yang ada disekitar kita, lidi sawit memiliki nilai jual yang tinggi bahkan dapat dijadikan kreasi bernilai seni dan bernilai ekonomis, tegas Kades Sukimin.

Akhirnya saya berharap kepada ibu-ibu peserta pelatihan, gunakanlah ilmu yang sudah dipelajari, lakukan kreasi dari ilmu yang didapat dan kembangkan kemampuan sehingga menjadi nilai jual yang membantu suami dalam memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga dan jika perlu lebih meningkat lagi, tutup Kades Sukimin sambil mengakhiri kata himbauannya dalam acara penutupan pelatihan.

Wartawan : Ahmad Da'im

Pemberdayaan SDM Menuju Peningkatan Nilai Perekonomian Masyarakat Desa Gunung Monako, Kecamatan Sipispis Pemberdayaan SDM Menuju Peningkatan Nilai Perekonomian Masyarakat Desa Gunung Monako, Kecamatan Sipispis Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 30.7.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.