Polda Sumut Tarik Penanganan Kasus Puluhan Warga Keracunan yang Diduga akibat Pipa Gas PT SMGP Bocor di Madina

Berita Gambar

Media Swara Semesta (13/3/2022)

Polda Sumut telah menarik penanganan kasus puluhan warga Banjar Manggis, Desa Sibanggor Juku, Mandailing Natal (Madina) yang keracunan gas dari Polrestabes Madina.

"Benar, sejak kemarin sore sudah dilimpahkan ke Polda Sumut penanganan perkaranya," Kapolres Madina AKBP H Reza Chairul, Minggu (13/3/2022).

Dia menjelaskan sebelum dilimpahkan, proses perkara di Polres Madina masih di tahap penyelidikan.

Pihaknya telah melakukan pemeriksaan saksi dan memintai keterangan dari pihak perusahaan terkait, yakni PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP)

Ada pun terkait warga yang keracunan dan sempat dilarikan ke rumah sakit sudah pulang ke kediaman masing - masing.

Di samping itu, Reza mengatakan sudah ada tim investigasi gabungan untuk menyelidiki perkara tersebut.

Tim investigasi itu terdiri dari Dirjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi di bawah naungan Kementerian ESDM, polisi, pemerintah, TNI, DPRD, masyarkat, dan lainnya.

"Itu sudah sejak hari Kamis lalu dibentuk dan mulai berjalan sampai sekarang," bebernya.

Dikatakannya, sejauh ini ada beberapa dugaan warga bisa keracunan gas. Sebab, selain adanya lubang gas karena aktivitas perusahan, ada pula lubang gas yang terjadi secara alamiah.

"Di daerah desa itu ada banyak titik - titik lubang alami dari gunung Merapi yang juga mengeluarkan gas dan terkadang dimanfaatkan untuk air panas," ungkapnya.

Di samping itu, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan pihaknya telah menarik perkara tersebut ke Polda Sumut.

"Benar, lagi disidik bagian krimum dan krimsus," katanya, Minggu (13/3/2022).



(Redaksi)

Editor: annisa

Polda Sumut Tarik Penanganan Kasus Puluhan Warga Keracunan yang Diduga akibat Pipa Gas PT SMGP Bocor di Madina Polda Sumut Tarik Penanganan Kasus Puluhan Warga Keracunan yang Diduga akibat Pipa Gas PT SMGP Bocor di Madina Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 13.3.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.