Tingkatkan Pelayanan di Rohul, Pemkab Jalin Kerjasama dan Teken MoU dengan PT. PLN (UP3) Riau

Berita Gambar

 


Media Swara Semesta (20/3/2022)

Rohul- Untuk meningkatkan elektrifikasi dan penerangan jalan umum di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Pemkab Rohul bersama PT. PLN (Persero) teken Memorandum of Understanding (MoU), di Pendopo Rumdis Bupati, Jumat (18/3/2022).

MoU penandatanganan kerjasama antara PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru ini diteken langsung Bupati Rohul H. Sukiman dan Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekanbaru Wira Bhakti Dharma.

Penandatanganan MoU PLN dengan Pemkab Rohul ini terkait Pungutan dan Penyetoran pajak penerangan jalan dan pembayaran rekening listrik serta pengelolaan penerangan jalan umum di Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam hal tersebut turut juga dihadiri Manager UP3 Pekanbaru Wira Bhakti Dharma, Pj Sekda Rohul M. Zaki SSTP M.Si, Kadis Kominfo Rohul H. Sofwan S.Sos, Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si.

Serta Manajer Bagian Niaga dan Pemasaran UP3 Pekanbaru Syahri Mara Bagyo, Supervisor Adm Niaga dan Customer Experience UP3 Pekanbaru Ade Pratama Syaputra dan Kepala OPD Rohul.

Bupati Rohul H. Sukiman mengatakan Rohul memiliki wilayah yang luas dengan jumlah penduduk lebih kurang 600.000 jiwa sangat memerlukan listrik. Ia mengaku listrik di seluruh desa sudah teraliri listrik, hanya saja perlu ditingkatkan di Dusun-Dusun.

“Setiap saya berkunjung ke Desa, saya sering mendengar keluhan masyarakat terkait kebutuhan listrik. Saya berharap dengan adanya penandatangan kerjasama dengan PLN segala permasalahan kelistrikan di Rohul bisa diatasi,” harap Sukiman.

Diakui Bupati Sukiman, di Dusun-Dusun memang sudah banyak terpasang tiang listrik, namun belum dialiri listrik. Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekanbaru.

"Hari ini Pemda Rohul dengan PLN telah lakukan MoU, kita berharap pelayanan listrik di Rohul ini semakin baik. Karena sering mendapat laporan dari masyarakat belum dialiri listrik, tiangnya sudah ada tapi listrik belum ada,” ujarnya.

Oleh karena itu, Bupati Sukiman mengaku sudah menyampaikan persoalan ini ke PLN agar kedepan segera dilayani, Karena listrik ini kebutuhan utama masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari peningkatan SDM, untuk anak-anak belajar dan keperluan rumah tangga.

“Tadi sudah saya sampai sama beliau, setelah penandatanganan ini saya berharap untuk melaksanakan pelayanan yang baik kepada masyarakat agar masyarakat di daerah pelosok bisa merasakan listrik,” harapnya.

Diakui Bupati Sukiman, Seluruh desa di Rohul sudah dialiri listrik, hanya saja ada beberapa Dusun yang belum teraliri listrik. Seperti Desa di Mahato yang memiliki 11 Dusun dan Desa lainnya. Dengan adanya MoU ini menjadi harapan kita bersama daerah yang belum dialiri listrik nantinya kita harapkan akan terang.

Sementara itu, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekanbaru Wira Bhakti Dharma menjelaskan UP3 Pekanbaru Melayani pelanggan untuk 5 Kabupaten/Kota, Seperti Rohul, Siak, Pelalawan, Kampar dan Pekanbaru, dengan melayani 2 juta pelanggan untuk kebutuhan listrik.

“Untuk pelanggan di Rohul lebih kurang 89 Ribu, kami bukan hanya melayani pelanggan tapi calon pelanggan yang belum menikmati listrik, Kami juga apresiasi di Kabupaten Rohul tidak ada penunggakan membayar listrik,” ujarnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pak Bupati atas terlaksananya MoU ini, kita bisa bekerjasama tentang pemungutan PPJ, dengan adanya MoU ini PLN Rohul bersinergi dengan Pemkab Rohul dalam pemungutan PPJ dari rekening masyarakat setiap bulan dan disetorkan ke Pemkab Rohul,” tambahnya.

Lanjut Wira Bhakti, dari pemungutan PPJ ini nantinya dikembalikan ke Pemkab Rohul lagi ke masyarakat dalam bentuk fasilitas pelayanan umum dan penerangan jalan umum. Ia juga mengapresiasi pembayaran rekening listrik kantor Pemkab dan dinas tidak ada kendala.

“PLN siap mendukung Kebijakan Perda atau aturan dalam hal ketenagalistrikan. PLN melayani masyarakat sampai ke pelosok, wilayah Rohul sangat luas, Alhamdulillah seluruh desa sudah masuk listrik, hanya tinggal dusun-dusunnya, usulannya sudah masuk, tapi sesuai ketersediaan anggaran target kami dalam 5 tahun kedepan akan kami masukkan,” kata Wira

Di akhir kegiatan, PT PLN persero menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam hal ini Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, sebagai apresiasi yang tinggi atas komitmen dan konsistensi membayar tagihan listrik setiap bulan demi kelancaran operasional ketenagalistrikan dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. 


Redaksi

(Avdtorial/Kominfo Rohul )

Wartawan: sahar

Tingkatkan Pelayanan di Rohul, Pemkab Jalin Kerjasama dan Teken MoU dengan PT. PLN (UP3) Riau Tingkatkan Pelayanan di Rohul, Pemkab Jalin Kerjasama dan Teken MoU dengan PT. PLN (UP3) Riau Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 19.3.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.