Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Diduga Kepala Desa Parlambean Tidak Transparan Dalam Mengelola Anggaran Dana Desa

Responsive Ad Here






Media Swara Semesta (6/7/2022)

Rabu 6 Juli 2022.Kepala Desa Parlambean Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai Diduga tidak transparan dalam penggunaan APBDes Tahun 2021-2022.


Dana desa (DD) yang dikuncurkan oleh pemerintah pusat kepada semua desa di seluruh indonesia adalah demi kepentingan masyarakat, bertujuan untuk pemerataan pembangunan dan peningkatan ekonomi di tingkat desa.


Dari pantauan Awak Media Semesta-24 saat di Kantor Desa Parlambean, Selasa 5 Juli 2022 bahwa ditemukan tidak adanya papan informasi penggunaan APBDes Tahun 2021-2022 sebagaimana kita ketahui bahwa Pemerintah Desa wajib memasang dan publikasikan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD), yang mana Publikasi ini dilakukan sebagai bentuk transfaransi informasi Publik yang sebagaimana diatur dalam Undang- Undang Nomor 14 Tahun 2008.


Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Amanat dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa serta Peraturan Menteri Dalam Negeri. No. 73 Tentang Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa.


Setelah mengetahui tidak adanya papan informasi penggunaan anggaran di kantor desa parlambean awak Media Semesta-24 menanyakan keberadaan kepala desa parlambean dan seluruh perangkat kepada ibu PKK yang sedang mengikuti pelatihan pemberdayaan di kantor desa pada jam 10.45 wib mengatakan bahwa tidak tahu kemana pak kades dan gak tahu juga kemana semua perangkat desa ucap salah satu ibu PKK Selasa 5 Juli 2022.


Dan pada saat itu juga awak Media Semesta-24 mencoba menghubungi Kariman Damanik selaku Kepala Desa Parlambean dari via untuk mengkonfirmasi soal keterbukaan atau Transparan papan APBDes di kantor desa tersebut hal hasil tidak ada jawaban


Melihat adanya kepemimpinan yang tidak transparan dalam mengelola anggaran yang seharusnya masyarakat mengetahui untuk kemajuan desa makah dalam hal ini diminta kepada Camat Sipispis dan Dinas PMD agar segera menegur Kepala Desa Parlambean agar segera memasang papan APBDes tersebut agar semua masyarakat mengetahui dan juga ikut mamantau Dana Anggaran yang dikelola di desa.


Sumber : https://semesta24.com/2022/07/06/diduga-kepala-desa-parlambean-tidak-transparanan-dalam-mengelola-anggaran-dana-desa/?amp=1

0 Comments