Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Gelar Pelatihan Budidaya Lebah Madu Bersama Pemdes Tambusai Utara

Responsive Ad Here





Media Swara Semesta (6/7/2022)

Rokan Hulu - Untuk mengelola usaha berternak lebah madu yang maksimal, pemerintah Desa Tambusai Utara Kecamatan Tambusai Utara, memberikan tempat Pelatihan Penataran Budidaya Lebah Madu untuk Kelompok tani hutan, Senin (4/7/2022).


Pelatihan ini di gelar di rumah adat lembaga Melayu rantau Kasai dengan kegiatan pelatihan di hadiri kades Tambusai Utara, Ismar Antoni SE, Wiwik Suriani,S.STP kepala UPT pelatihan kehutanan dan, Aldian kepala UPT KPH rohul serta Sudirman S.HUT M.Si kasi pelatihan kehutanan.


Setelah gubri memberikan tanda penyematan Id-Card peserta pelatihan usai penanaman aren dan penebaran benih ikan arwana di rawa seribu Dinas lingkungan hidup lanjut memberikan Pelatihan di gedung lembaga adat Melayu di rantau Kasai, ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar bagi anggota kelompok tani yang berjumlah 20 orang.


Sebab, ini pertamakalinya budidaya lebah madu dicanangkan di Desa Tambusai Utara, Rantau Kasai. 


Pelatihan ini melibatkan Dinas Kehutanan Provinsi Riau sebagai memberikan pemateri. Dan dalam kesempatan ini, Dishut Riau juga memberikan bantuan berupa 20 kotak lebah madu untuk tahap awal menambah semangat usaha budidaya lebah madu kelompok tani di Rantau Kasai ini. 


Dalam wawancara, Dijelaskan oleh Akmal Antoni ketua Kelompok Tani Harapan Kita Desa Rantau Kasai, pelatihan ini berlangsung selama 3 hari di LKA Rantau Kasai Tambusai Utara.



Sementara itu Kades Rantau Kasai Ismar Antoni, S.E, bahwa Luas lahan yang akan menjadi area budidaya tahap awal Lebah madu seluas 1 Ha yang berstatus lahan berbentuk (hutan kosong). 


"jika dilihat, lahan yang satu hektar ini berpotensi untuk dijadikan area budidaya lebah madu. Hanya saja mungkin nanti perlu kita tanam bunga-bunga yang mengandung nektar sesuai arahan dari dinas kehutanan provinsi riau" kata Ismar. 


Dia juga berharap seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini serius dan memahami materi yang disampaikan sampai perserta memahaminya.*shr

0 Comments