Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Serahkan dan Saksikan Penyembelihan Hewan Qurban, Bupati H.Sukiman Bangga Jumlah Masyarakat Rohul Berkurban Meningkat

Responsive Ad Here






Media Swara Semesta (11/7/2022)

Pasir Pengaraian – Meski ditengah Pandemi Covid-19, perekonomian masyarakat Rokan Hulu (Rohul) sudah berangsur pulih. Hal itu dibuktikan semangat berkurban masyarakat Rokan Hulu di Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriyah meningkat. Dari data Dinas Peternakan dan Perkebunan Rohul, jumlah hewan Kurban sebanyak 5.024 ekor.


Pernyataan itu dikatakan Bupati Rohul H. Sukiman didampingi Wabup Rohul H. Indra Gunawan saat menyerahkan dan menyaksikan penyembelihan Hewan Kurban di Area Masjid Agung Islamic Center Rohul, Pasir Pengaraian, Minggu (10/7/2022).


“Saya juga bangga masyarakat kita cukup banyak yang melakukan Kurban pada hari Raya Idul Adha tahun ni. Jumlah hewan Kurban di seluruh Rohul sebanyak 5.024 ekor. Yang terdiri dari Kambing 535 ekor, Domba 1 ekor, Sapi 4.262 ekor dan Kerbau 163 ekor,” ujarnya.



Tambah Bupati, untuk penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Islamic Center Rohul sebanyak 10 kambing dan 63 ekor Sapi. Namun yang dipotong hanya 30 ekor, dibagi kepada Kecamatan dan Desa yang sama sekali tidak melaksanakan pemotongan hewan korban. Ini lah semangat Idul Adha untuk saling berbagi dengan sesama.


“Tahun ini menunjukan masyarakat kita sudah cukup banyak yang melaksanakan kurban. Tentunya dismaping tingkat kemampuan ekonomi cukup. Juga kesadaran masyarakat mentaati dan menanamkan semangat berkurban cukup tinggi,” ungkapnya.



Terkait PMK, Bupati Sukiman mengakku hewan kurban yang disembelih ini sebelumnya sudah melalui pemeriksaan kesehatan hewan yang dibuktikan dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh Disnakbun Rohul. Ia juga meminta kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak, agar meminta vaksin dan obat kepada Disnakbun Rohul, karena lebh baik mencegah dari pada sudah terjangkit virus PMK.


Sementara itu, Plt Kemenag Rohul H. Zulkifli Syarif S.Ag M.Pdi mengaku tahun ini masyarakat Rohul ada peningkatan ekonomi dan kesadaran keimanan masyarakat untuk melakukan kurban.


“Alhamdulillah ada peningkatan dibanding tahun lalu, kita bersama MUI Pusat sampai Kabupaten bahwa kita bersama Dinas Kesehatan dan Disnakbun Rohul untuk melakukan pemeriksaan secara khusus pada hewan yang dikurbankan pada tahun ini, hasil semuanya dianggap steril dan bebas dari pada penyakit PMK,” ujarnya.



Ditempat yang sama, Kabag Kesra Setda Rohul Umzakirman S.Ag mengatakan hewan kurban di Islamic Center Rohul sebelumnya telah dilakukan Pemeriksaan kesehatan hewan oleh Disnakbun Rohul.


“Kesehatan hewan kurban sudah diperiksa oleh Disnakbun Rohul, pada hari kemarin 63 Sapi dan 10 ekor kambing. Hasil pemeriksaannya Alhamdulillah tidak ada terkena penyakit PMK dan sapi yang dibawa ke daerah kecamatan dan desa dibekali surat dari Disnakbun Rohul,” kata Umzakirman.


“30 hewan kurban dipotong di Islamic Center, dan sisanya kita bagikan ke Kecamatan dan Desa yang tidak ada melaksanakan pemotongan hewan kurban. Alhamdulillah kemarin sore sudah diserahkan oleh Asisten I,” jelasnya.



Umzakirman menerangkan sejumlah Desa yang telah didistribusikan hewan kurban seperti Desa Simpang Harapan dan Bangun Jaya Kecamatan Tambusai Utara. Desa Tandun dan Rokan IV Koto.


“Untuk daging kita utamakan yang berkurban 608 orang termasuk masyarakat sekitar Islamic Center dan panti Asuhan Budi Mulya dan Al Khairiyah. Sementara untuk jenis Sapi milik Bupati dan Wabup Rohul dengan jeni Sapi Bali dengan Bobot 100 Kg,” pungkasnya.


(AVDTORIAL/Kominfo)

Wartawan: Saharuddin 

0 Comments