Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Shalat Idul Adha di Islamic Center, Bupati H. Sukiman Sebut Penting Tanamkan Nilai Keikhlasan dan Semangat Berqurban

Responsive Ad Here






Media Swara Semesta (11/7/2022)

Pasir Pengaraian – Lantunan Takbir bergema yang dikumandangkan Bupati Rohul H. Sukiman di Masjid Agung Islamic Center Rohul mengawali shalat Idul Adha 1443 H. Momentum Idul Adha, Bupati H. Sukiman berharap dari peristiwa besar ibadah haji dan qurban, diharapkan menanam nilai keikhlasan dan semangat berkurban di Negeri Seribu Suluk.


Hal itu disampaikan Bupati Rohul H. Sukiman saat memberikan sambutan sebelum pelaksanaan Shalat Idul Adha, di Masjid Agung Islamic Center Rohul, Ahad (10/7/2022). Turut juga dihadiri Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan, Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, Asisten Bupati, Staf Ahli, Kepala OPD dan masyarakat.



Lebih lanjut dikatakan Bupati Sukiman, ada dua peristiwa besar yang tidak bisa lepas dari peringatan hari raya Idul Adha. Kedua peristiwa tersebut adalah ibadah haji dan qurban.


“Allhamdulillah patut kita ucapkan, karena pada tahun ini Jamaah Calon Haji asal kabupaten Rohul sudah bisa berangkat ketanah suci Mekkah, untuk menunaikan ibadah haji setelah kurang lebih dua tahun tertunda keberangkatannya akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.



“Semoga mereka yang hari ini sedangkan menunaikan ibadah haji senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan perlindungan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah Haji dan kembali ke tanah air sebagai haji yang Mabrur dan Mabrurah,” pintanya


Tambah Sukiman, ibadah kedua adalah ibadah kurban yang merupakan bentuk kepatuhan seorang hamba kepada sang pencipta dan sebuah ibadah yang mampu mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama.



Dengan kata lain bahwa Idul Adha merupakan Momentum untuk memperbaiki hubungan, baik sesama manusia dan hubungan dengan Allah SWT. Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan qurban, sekaligus untuk mengenang peristiwa pengorbanan nabi Ibrahim As.


“Hikmah yang dapat dipetik dalam hari Raya Idul Adha, Keikhlasan Nabi Ibrahim As yang rela mengorbankan anaknya, momen keikhlasan Nabi ini yang perlu ditiru oleh umat Muslim. Jadi sekarang kita hanya mengaplikasikan mengorbankan sebagian penghasilan kita untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan,” ujarnya.




Oleh karena itu, Atas nama Pemkab Rohul, kaum muslimin dan muslimat secara pribadi, keluarga Mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H dan selamat menjalankan ibadah Qurban. 


“Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan kepada kita bersama dalam membangun Kabupaten Rokan Hulu Negeri seribu Suluk yang lebih maju untuk masa yang akan datang,” harapnya


Sementara itu, Plt Kemenag Rohul H. Zulkifli Syarif S.Ag M.Pdi selain menyampaikan Kaifiat cara pelaksanaan Shalat Idul Adha, juga menyampaikan umat muslim di Rohul melaksanakan Shalat Idul Adha di lapangan sebanyak 41 titik dan di masjid sejumlah 528 masjid.


Sementara jumlah hewan kurban sebanyak 5.024 ekor dengan rincian kambing sebanyak 535 ekor, domba 1 ekor, Sapi 4.262 ekor dan Kerbau sejumlah 163 ekor. 


(AVDTORIAL/Kominfo)*

0 Comments