Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Untuk Terhindar Dari Penipuan, Kemenag Ingatkan Jemaah Tak Tergiur Tawaran Biaya Haji Murah

Responsive Ad Here





Swara semesta, Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati terhadap tawaran biro perjalanan yang menjanjikan ibadah haji atau umrah dengan biaya murah.


"Dengan tegas, kami ingatkan kepada masyarakat untuk tidak tergoda dengan tawaran haji murah. Penting untuk memastikan jenis layanan yang ditawarkan oleh biro tersebut," ungkap Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Jaja Jaelani, di Jakarta pada Minggu (24/3/2024) dikutip.


Jaelani menyatakan bahwa banyak biro perjalanan menawarkan layanan haji tanpa antrean. Namun demikian, Kemenag telah membagi alokasi kuota pemberangkatan, baik untuk jemaah reguler maupun khusus.


“Masyarakat diminta untuk selalu waspada. Banyak kasus terjadi di mana biro perjalanan tidak dapat menyediakan tiket dan visa, yang berujung pada kegagalan keberangkatan jemaah. Tidak jarang juga jemaah terlantar karena pihak penyelenggara tidak mempersiapkan layanan dengan baik di Arab Saudi,” tutur Jaelani.


Salah satu langkah untuk menghindari penipuan adalah dengan memeriksa daftar biro perjalanan yang memiliki izin resmi melalui Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh).


"Saat ini, terdapat sekitar 2.573 travel yang melayani umrah ke tanah suci. Jangan tergiur dengan penawaran harga murah, pastikan bahwa biro perjalanan yang menawarkan telah memiliki izin resmi," jelasnya.


Sementara itu, terkait kasus-kasus di mana beberapa Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Khusus (PIHK) atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) terbukti menelantarkan jemaah, Kemenag telah memberikan sanksi tegas.


"Kami telah menghentikan kegiatan tiga travel. Satu di antaranya dihentikan sementara, sementara dua lainnya mengalami pembekuan," tambahnya.


(Red/bs)

0 Comments