Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Manfaat Mandi Subuh Untuk Kesehatan Tubuh

Responsive Ad Here

Media Swara Semesta (6/10)
Mandi di pagi hari adalah sebuah aktivitas bermanfaat yang berguna untuk menyegarkan tubuh. Terkadang, mandi pagi dilakukan sekitar pukul enam atau tujuh pagi sebelum pergi bersekolah, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya. Namun, pernahkah Anda  mencoba mandi saat waktu subuh? Apa saja manfaat mandi subuh yang bisa didapatkan?

Manfaat Mandi Subuh yang Harus Anda Ketahui

Sebelum membahas mengenai manfaat mandi subuh, banyak orang sudah membayangkan mandi subuh pasti akan terasa sangat dingin, sehingga Anda akan memilih untuk tidak melakukannya. Meski banyak orang enggan melakukannya, nyata banyak manfaat mandi subuh yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Mengatasi stres hingga depresi
Manfaat mandi subuh yang pertama adalah kemampuannya mengatasi stres. Pada umumnya, stres bisa disebabkan karena terlalu banyak pikiran. Saat seseorang stres, biasanya tubuhnya bereaksi untuk mengonsumsi makanan sebanyak mungkin, pada akhirnya hal ini bisa saja menimbulkan gangguan penyakit pada tubuh Anda.

Mulai sekarang, cobalah untuk mengatasi stres dengan cara mandi subuh. Hal ini dikarenakan mandi di waktu tersebut, tubuh akan mendapat pasokan oksigen yang cukup. Sehingga, tingkat stres yang Anda rasakan akan berkurang akibat oksigen yang memenuhi berbagai organ tubuh.

Selain itu, menurut sebuah penelitian, mandi subuh dapat menstimulasi titik biru pada otak–sumber utama noradrenalin–yang dapat membantu dalam mengurangi depresi secara kimiawi.

Saat ini, mandi subuh juga sering dijadikan sebagai terapi air dingin untuk mengaktifkan kembali sistem saraf sekaligus membantu pelepasan hormon yang dapat membantu seseorang yang depresi merasa lebih segar.

Selain itu, mandi subuh dengan air dingin juga dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang bekerja melawan hormon stres, serta menghasilkan serotonin–zat kimia di dalam otak yang dapat meredakan depresi.

Sebuah penelitian mengungkapkan, olahraga dengan memanfaatkan air dingin seperti berenang, dapat mengurangi gejala depresi. Jenis olahraga aerobik termasuk berenang dapat membantu mengurangi hormon stres dan membentuk zat-zat yang dapat mencegah kerusakan sel otak.

2. Mengurangi kadar gula darah
Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan manis, maka risiko yang bisa Anda hadapi adalah meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Saat kadar gula dalam tubuh meningkatkan maka Anda berisiko untuk menyebabkan risiko obesitas hingga penyakit diabetes.

Melihat risiko yang bisa Anda alami, maka mengurangi asupan-asupan manis harus dikurangi dengan segera. Selain mengurangi asupan manis, salah satu cara yang tidak disangka adalah dengan mandi subuh.

Manfaat mandi subuh dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam darah. Hal ini dikarenakan adanya proses detoksifikasi sehingga gula darah diseimbangkan oleh suhu air saat mandi subuh .

3. Meningkatkan kesuburan
Bagi Anda yang sudah menikah dan ingin segera mendapatkan momongan, manfaat mandi subuh dipercaya meningkatkan kesuburan. Sejumlah penelitian mengungkapkan, mandi subuh bisa meningkatkan hormon testoteron dan esterogen.

4. Melancarkan sirkulasi darah
Manfaat mandi subuh lainnya adalah mengurangi kaku persendian, meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Sementara itu, jika Anda mandi menggunakan air hangat pada waktu subuh maka hal itu baik untuk membuat sirkulasi darah lebih lancar.

5. Memberikan dorongan energi tambahan
Manfaat mandi subuh yang bisa langsung dirasakan adalah memberi dorongan energi ekstra. Saat mandi subuh menggunakan air dingin, tubuh akan meresponnya dengan ‘bernapas’ karena adanya asupan oksigen pada kulit. Dampaknya, darah bisa terpompa cepat ke seluruh tubuh dan meningkatkan detak jantung.

Perlu diketahui, pada dasarnya tubuh sangat menyukai air, dan semua yang dapat Anda lakukan untuk memberinya hidrasi dan kelembapan yang tepat, dapat membantu Anda terlihat lebih baik.

6. Mengurangi rasa nyeri
Jika rasa nyeri muncul setelah Anda melakukan latihan fisik, Anda bisa mencoba mendapatkan manfaat mandi subuh. Sebuah studi menemukan bahwa mandi subuh dengan air dingin dapat efektif mengurangi nyeri otot 1 hingga 4 hari pasca latihan. Manfaat yang bisa didapatkan ini, diduga terkait dengan efek relaksasi dari air dingin.

7. Meningkatkan memori
Bagi Anda yang ingin memiliki daya ingat kuat di hari tua, cobalah untuk rutin mandi subuh. Manfaat mandi subuh dipercaya dapat membuat otak lebih dingin, yang pada akhirnya bisa membuat otak bekerja lebih keras dan memiliki daya ingat yang lebih baik. Tentu hal ini tidak lepas dari lancarnya peredaran di dalam tubuh yang membawa nutrisi dan oksigen menuju otak.

8. Merangsang sel darah putih
Manfaat mandi subuh berikutnya adalah kemampuannya mengatasi penyakit. Mandi subuh dengan air dingin diduga mampu merangsang sel darah putih dalam aliran darah. Sel darah putih sendiri berfungsi untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Oleh karena itu, agar tubuh Anda mampu melawan serangan penyakit maka Anda harus mandi subuh.

9. Membuat mata terjaga
Banyak orang yang masih mengalami kesulitan untuk membuka mata meskipun sudah ada di kamar mandi. Salah satu cara singkat untuk membuat mata melek dengan cepat adalah mandi subuh dengan air dingin.

Saat terkena air dingin, tubuh akan kaget dan langsung meningkatkan denyut jantung dan oksigen ke dalam tubuh. Sentakan langsung air dingin di atas kepala dapat memicu sistem saraf pusat yang pada akhirnya membuat tubuh lebih energik.

Pada akhirnya, setiap orang memiliki alasan yang berbeda ketika melakukan aktivitas mandi, ada yang untuk melepaskan penat, menghilangkan kotoran atau meningkatkan semangat.

Namun, setelah Anda melihat banyak manfaat mandi subuh, masihkah Anda ragu untuk melakukannya? Mandi subuh bukanlah sebuah aktivitas biasa, karena fakta membuktikan banyak manfaat yang bisa didapatkan ketimbang rasa takut menghadapi dinginnya air ketika waktu subuh. D

0 Comments