Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Bupati Sukiman Pantau Pasca Banjir di Pawan, dan Salurkan Bantuan ke Warga Korban Banjir

Responsive Ad Here

Teks foto:
Bupati Rohuo H.Sukiman, salurkan berbagai bantuan ke warga korban banjir Pawan Desa Rambah Tengah Hulu Kecamatan Rambah. Bupati juga menyempatkan memantau kawasan sungai yang abrasi akibat dikikis banjir yang melanda kemarin dan merendam 200 lebih rumah warga.



Rokan Hulu. Media SwaraSemesta.com(26/11) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H.Sukiman, Senin (25/11/2019) pagi, pantau masyarakat serta kawasan pasca banjir di Pawan Desa Rambah Tengah Hulu (RTH) Kecamatan Rambah. Sekaligus,menyalurkan bantuan ke para korban banjir.

Bupati bersama rombongan pengurus dari Palang Merah Indonesia (PMI) Rohul, Sekretaris BPBD Rohul, pihak Disos P3A Rohul, Kepala Dinas PUPR Anton,Kadishub Andianto, Camat Rambah Fatahnalia Putra, Kades RTH Atdis.Hasibuan, serta perangkat desa RTH, dan ratusan masyarakat.

Bupati dengan mengenakan sepatu boat, turun langsung ke genangan air sisa sisa banjir kemarin, akibat luapan sungai Pawan yang sempat merendam 200 lebih rumah warga yang jaraknya berdekatan dengan sungai hingga sedalam 1 meter.

Secara simbolis, Bupati Sukiman menyerahkan bantuan 100 paket sembako dari PMI Rohul terdiri 5 kg beras,1 kg Mintak goreng, 1 kg gula pasir, 6 bungkus mie instan. Juga ada bantuan makanan tambahan untuk balita 168 bungkus dan untuk ibu hamil 60 kotak.Selain itu, bantuan Disos P3A berupa Mie instant, minyak goreng, sarden dan air mineral ditambah dari BPBD Rohul Family Cid (handuk, sabun, selimut dan peralatan mandi anak).

Diskes Rohul bekerjasama UPTD Puskesmas Rambah, juga membuka posko pengobatan gratis bagi masyarakat Pawan pasca banjir.


Bupati menginggatkan seluruh masyarakat Rohul yang bermukim di tepian sungai, agar selalu waspada terhadap bencana banjir, karena saat ini tingginya curah hujan di Rohul yang bisa menyebabkan banjir kapan saja terjadi.

Kemudian, agar masyarakat pasca banjir juga melakukan gotong royong membersihkan lingkungannya dari sampah yang hanyut terbawa banjir. Selain itu,penyakit pasca banjir yang kerap datang juga diharapkan masyarakat membersihkan lingkungannya sehingga terbebas penyakit pasca banjir.

"Masyarakat agar selalu waspada, karena banjir bisa datang kapan saja, terutama warga yang bermukim di tepian sungai di Rohul ini. Juga agar nasyarakat bisa bersihkan lingkungannya pascabanjir agar terhindar penyakit pasca banjir," imbau Bupati.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Bupati Sukiman bersama Kadis PUPR Anton, melihat kondisi jembatan Pawan pasca banjir. Bupati meminta Anton, untuk membangun turap disisi hulu sungai hilir jebatan Sungai Pawan, karena sebagian tanah warga sudah tergerus air banjir.

"Tolong nanti anggarkan, untuk bangun turap penahan tebing. Nanti rumah warga hanyut ke sungai, apalagi sisi bagian tepian sungai sudah abrasi terbawa arus sungai banjir," kata Bupati ke Anton.

Batuan yang disalurkan baik PMI,Disos, Diskes, BPBD sementara ditiitpkan di kantor desa RTH yang nantinya disalurkan pihak desa langsung ke warga korban banjir. Sedangkan untuk jumlah bantuan, nantinya akan disesuaikan dengan jumlah warga Pawan yang jadi korban banjir, kini pihak desa dan BPBD masih mendata warga korban banjir Pawan. (Adv/Pemkab Rokan Hulu).

0 Comments