Dengan Syarat Mudah Dan Ringan, PT. Pelindo I Serahkan Bantuan PKBL Pada Masyarakat


Media Swara Semesta (13/11)
BELAWAN
Sebagai bentuk perusahaan plat merah kepada masyarakat, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar 3,77 Miliar dari bulan Januari hingga Oktober 2019. Penyaluran dana program tersebut disalurkan diwilayah Belawan, Marelan, dan sekitarnya. Penyaluran tersebut dilakukan secara simbolis kepada para penerima dana pada Selasa, 12 November 2019, yang diserahkan oleh VP Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Pelindo 1 Fatimah Zuhra.

“Dana PKBL sebesar Rp 3,77 Miliar tersebut disalurkan untuk dana Program Kemitraan sebesar Rp 2,725 Miliar dari Januari hingga Oktober 2019 oleh Pelindo 1 Cabang Belawan kepada 38 mitra binaan berupa pinjaman lunak dari berbagai sektor, yang meliputi: industri, perdagangan, pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan, jasa, industri, cluster, dan lainnya. Dan, Pelindo 1 juga menyalurkan dana Program Bina Lingkungan sebesar Rp 1,048 Miliar di wilayah Belawan dan sekitarnya yang meliputi: bantuan pendidikan atau pelatihan, program peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, serta bantuan sosial kemasyarakatan,” terang Fatimah Zuhra.

Penyerahan dana kemitraan yang dilakukan secara simbolis diserahkan kepada Abu Bakar Syafii sebesar Rp 60 juta yang usahanya bergerak pada sektor perdagangan dengan menjual peralatan nelayan dan ATK di Belawan, Ruslan Effendi yang menerima dana kemitraan sebesar Rp 50 juta untuk usaha kedai makanan dan minuman yang berlokasi di Belawan, serta Jauhari Abdi yang menerima dana kemitraan sebesar Rp 75 juta untuk usaha warung makanan yang berlokasi di Marelan.


Kemudian, untuk penyerahan bantuan Program Bina Lingkungan secara simbolis diserahkan untuk renovasi Pembangunan Masjid Taqwa Muhammadiyah Belawan sebesar Rp 30 juta, bantuan pengembangan sarana dan prasarana MI Swasta Al Washliyah 6 Belawan sebesar Rp 19 juta, bantuan pengadaan sarana dan prasarana PAUD Afifah Zein Medan Labuhan sebesar Rp 20 juta, dan renovasi SMP Swasta Nurani Belawan sebesar Rp 20 juta.

Lebih lanjut Fatimah Zuhra menjelaskan, untuk mendapatkan bantuan tersebut, harus memenuhi syarat, diantaranya, : untuk industri, jasa, perdagangan dan sebagainya, sipemohon harus memiliki usaha minimal 6 bulan, usaha yang belum dijamin bank, mengajukan permohonan atau proposal, wni serta memiliki agunan.

Sedangkan untuk bina lingkungan harus memenuhi syarat, diantaranya, mengajukam proposal, diketahui oleh pemerintah setempat (lurah), memiliki RAB, serta memiliki no rek. "Setelah pengajuan kita terima, tim kita akan melakukan interviuw, melihat lokasi usaha, dan mengevaluasi hasil investagasi dilapangan. Khusus untuk pinjaman dengan agunan memang diperlukan supaya sipeminjam lebih bertanggung jawab, sebab pengembalian pinjaman tersebut akan disalurkan kepada yang lain,"papar Fatimah Zahra.

Sementara itu, VP Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami menjelaskan bahwa Program penyaluran dana PKBL yang dilaksanakan Pelindo 1 merupakan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat dan kondisi lingkungan sosial di wilayah sekitar Pelindo 1. Kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud komitmen kepedulian Pelindo 1 untuk turut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Dengan penyaluran dana PKBL ini, Pelindo 1 berharap dapat meningkatkan perkembangan usaha kecil sehingga mampu membuat usaha-usaha tesebut semakin mandiri serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dalam menjalankan bisnisnya, Pelindo 1 tidak hanya mencari profitabilitas, namun juga berkomitmen serius untuk memajukan masyarakat yang berada di sekitar wilayah kerjanya,” jelas Fiona Sari Utami. (Dian)
Dengan Syarat Mudah Dan Ringan, PT. Pelindo I Serahkan Bantuan PKBL Pada Masyarakat Dengan Syarat Mudah Dan Ringan, PT. Pelindo I Serahkan Bantuan PKBL Pada Masyarakat Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 12.11.19 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.