Nasution Juara Boru Namora Duta Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan


Media Swara Semesta (23/11)
Tapanuli Selatan
Malam puncak grand final pemilihan Boru Namora duta Karangan Taruna Se- Kabupaten Tapanuli Selatan tahun 2019. Syafanisa Aulia Khalid Nasution dari Kecamatan Batang Angkola, terpilih sebagai juara  yang digelar di lapangan Sarasi II, Desa Aek Badak Jae, Kecamatan Sayurmatinggi, Jum'at (22/11/2019)  malam.

Pemilihan Boru Namora Duta Karang Taruna se-Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2019, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Tapanuli Selatan (Tapsel) yang ke-69.

Sedangkan untuk Juara II diraih oleh Dinda Lestari Lubis dari Kecamatan Sayurmatinggi, Juara III Merliana Napitupulu dari Kecamatan Tantom Angkola, Juara Harapan I Endang Nurjanah Siregar dari Kecamatan Batang Toru, Juara Harapan II Agiga Amalia Lubis dari Kecamatan Angkola Muaratais dan Juara Harapan III Sarina Hutabarat dari Kecamatan Angkola Selatan.

Sementara untuk Duta Talenta jatuh kepada Mitha Dwi Priyatni dari Kecamatan Marancar sedangkan untuk Duta Kesetiakawanan jatuh kepada Rizka Lestari Harahap dari Kecamatan Angkola Timur.

Sebelumnya Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu, SH dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Karang Taruna, Camat Sayurmatinggi, seluruh kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh adat Kecamatan Sayurmatinggi yang telah mampu menjadi tuan rumah yang baik disetiap kegiatan baik itu kegiatan kemasyarakatan maupun kegiatan keagamaan lainnya, ucap Syahrul.

Melalui pemilihan duta karang taruna diharapkan dapat menjadi contoh yang baik terhadap generasi pemudi yang lain dan juga dapat  memberikan motivasi untuk dapat  mencintai budaya adat istiadat Tapanuli Selatan dan juga dapat menumbuh kembangkan kearifan lokal yang ada dibumi dalihan natolu ini, harapnya.

Dia juga mengajak kepada seluruh generasi penerus bangsa, terutama dibawah wadah karang taruna untuk dapat terus mencintai budaya yang ada di bumi Tapsel ini, seperti yang kita laksanakan dimalam pemilihan grand final Boru Namora. Mudah-mudahan melalui perlombaan ini akan betul-betul mampu menghasilkan Boru Namora yang bisa menjadi contoh tauladan yang baik ditengah-tengah masyarakat Tapsel dan khususnya di Kecamatan Sayurmatinggi, ajak Syahrul Bupati dua periode pilihan rakyat.

Sedangkan Ketua Karang Taruna Tapsel Ahmad Bangun Ritonga dalam laporannya menjelaskan, tujuan dalam pemilihan Boru Namora ini adalah untuk mengangkat nama daerah, bahwasanya Boru Namora dahulunya merupakan Boru Ni Raja, artinya apa Boru Namora ini merupakan seorang yang mempunyai kepribadian yang baik, jadi seorang duta karang taruna haruslah mempunyai kepribadian seperti Boru Namora, sesuai dengan semboyan kami "Ditya Karya Maha Prayoda" yaitu seorang pejuang yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil, ujar Bangun.

Sesungguhnya tugas dan fungsi duta karang taruna adalah untuk mengidentifikasi mengenai permasalahan-permasalahan sosial lainnya serta mencari solusi penanganan bersama dengan pemerintah Kabupaten Tapsel, ungkapnya.

Lanjut Bangun, adapun alur proses pemilihan Boru Namora Kabupaten Tapsel berawal dari audisi yang telah kami laksanakan pada 3 zona yaitu untuk zona I meliputi Kecamatan Batang Angkola, Sayurmatinggi, Tantom Angkola, Angkola Muaratais dan Angkola Selatan, zona I telah kami laksanakan pada tanggal 15 Oktober 2019.

Sedangkan untuk zona II meliputi Kecamatan Sipirok, Aek Bilah, Saipar Dolok Hole, Arse dan Angkola Timur, zona II telah kami laksanakan pada tanggal 16 Oktober 2019. Untuk zona III meliputi Kecamatan Batang Toru, Angkola Sangkunur, Muara Batang Toru, Marancar dan Angkola Barat, juga telah kami laksanakan pada tanggal 17 Oktober 2019.

Selanjutnya pada tanggal 21 Oktober 2019 kita laksanakan karantina ataupun pembekalan tentang Karang Taruna dengan pemateri Ketua Karang Taruna Tapsel, Ketua Karang Taruna Sibolga dan Sekretaris PMD Tapsel.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang, Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusanant
Nasution Juara Boru Namora Duta Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan Nasution Juara Boru Namora Duta Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 23.11.19 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.