Muhasabah Diri tentang Kebaikan Rutin Membaca Al-Qur'an

Foto ilustrasi

Media Swara Semesta (29/6) 
Al-Qur'an bukan hanya sebuah kitab suci, tetapi juga petunjuk hidup manusia dalam kehidupan ini. Di dalamnya terdapat hikmah-hikmah yang sangat luar biasa untuk solusi permasalahan kita.

Masalah science, pernikahan, pendidikan hinggah kisah-kisah orang terdahulu dan yang akan datang terkandung di dalam Al-Qur'an. 

Hebatnya lagi, Al-Qur'an juga mampu memberikan kebaikan bagi mereka yang rutin membacanyas dan setidaknya ada tujuh kebaikan jika kita rutin membaca Al quran yaitu :

1. Memberikan ketenangan hati pada kita

(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. (Ar-R'ad; 28)
Membaca kitab suci Al-Qur'an pada hakikatnya adalah mengingat Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Berdasarkan ayat di atas pun dikuatkan hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang.

Untuk yang sedang galau, silahkan baca Al-Qura'n. Dijamin jadi adem deh hatinya.

2. Setiap hurufnya mengandung kebaikan yang banyak.

Bener banget. Bukan satu kata, tapi setiap huruf dalam Al-Qur'an itu mengandung kebaikan yang berlipat-lipat. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi;

Siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miin itu satu huruf, tetapi Alif itu satu huruf dan Laam itu satu huruf dan Miim itu satu huruf.” (HR. At Tirmidzi / 2327)
Rugi banget deh kalo kita sampai gak rutin membaca Al-Qur'an. Kebaikannya melimpah.

3. Orang yang terbata-bata membaca Al-Qur'an pun diberikan pahala berlipat

Al-Qur'an memang diturunkan dalam bahasa Arab. Sehingga untuk sebagia orang pada awalnya akan sedikit kesulitan. Namun Allah maha baik, Dia tidak akan menyia-nyiakan usaha hambanya.

Luar biasanya, orang yang terbata-bata justru mendapatkan dua kebaikan, yaitu pahala membaca dan pahala usahanya dalam membaca Al-Qura'an.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Yang mahir membaca al Qur’an bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca al Qur’an sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari / 4937 dan Muslim / 798)

4. Memberikan syafa'at di hari kiamat'

Dari Abi Umamah al Baahili radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah al Qur’an maka ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi yang membacanya.” (HR. Muslim / 804)
Bagi sebagian orang, kiamat akan menjadi hari yang sangat menakutkan, namun bagi orang-orang yang rajin membaca Al-Qur'an, bacaannya tersebut akan datang menolongnya dalam bentuk syafaat.

Syafa'at adalah usaha perantaraan dalam memberikan sesuatu manfaat bagi orang lain atau mengelakkan sesuatu mudharat bagi orang lain.

5. Menjadi kemulian bagi orang tuanya di Surga

Barangsiapa yang membaca al Qur`an, mempelajarinya dan mengamalkannya, kelak pada hari kiamat dikenakan mahkota dari cahaya yang sinar kemilaunya seperti cahaya matahari. Dan bagi kedua orang tuanya masing-masing dikenakan untuknya dua pakaian kebesaran yang tak bisa dinilai dengan dunia. Maka kedua orangtuanya bertanya: ‘Karena apa kami diberi pakaian (kemuliaan) seperti ini?’ Maka dijawab: ‘Karena anak kalian berdua belajar dan menghafal al Qur`an’.” (Mustadrak Al-Hakim, 1/568)
Anak shaleh dan shalehah tentunya merupakan impian setiap orang tua. Mereka berharap dengan keshalehan anaknya itu mampu memberikan kebaikan bagi orang tuanya di akhirat nanti.

Seorang anak yang membaca, belajar dan menghapal Al-Qur'an memiliki posisi yang spesial di sisi Allah. Lebih hebatnya lagi, orang tua mereka pun akan diberikan juga pakaian kemuliaan di surga nanti.

6. Menjadikan manusia yang berkualitas

Sebaik baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Alquran serta mengajarkannya pada orang lain.” (HR.Bukhari)”
Al-Qur'an tidak hanya untuk dibaca saja, melainkan juga untuk diamalkan dan diajarkan. Dan barang siapa yang mampu melakukannya, maka dia akan termasuk kedalam manusia terbaik.

7. Mempelajarinya mendapatkan pahala lebih besar dari shalat sunat

“Wahai Abu Dzar kamu pergi untuk mempelajari satu ayat Al-Qur’an itu lebih baik dari pada kamu sholat 100 rokaat” (Hadits Hasan Riwayat Ibnu Majah)
Allah sangat menghargai usaha manusia dalam mempelajari Al-Qur'an, meskipun hanya satu ayat. Bahkan dalam hadits di atas disebutkan pahalnya lebih baik dari pada melakukan shalat sunat 100 rakaat.

Karena dengan mempelajari satu ayat akan bersambung ke ayat-ayat lainnya yang saling berhubungan. Tak hanya itu saja, dengan menggali hikmah dalam satu ayat Al-Qur'an dipastikan akan memberikan manfaat yang banyak bagi orang lain dan dirinnya.

Nah itulah beberapa kebaikan yang bisa kita dapatkan jika rajin membaca Al-Qur'an. Bahkan akan lebih baik lagi jika kita pun mampu mempelajari dan mengamalkannya.

Semoga kita semua bisa rutin membaca Al quran sehingga dimudahkan dapat berkumpul bersama keluarga di Jannah. Aamiin.
Muhasabah Diri tentang Kebaikan Rutin Membaca Al-Qur'an Muhasabah Diri tentang Kebaikan Rutin Membaca Al-Qur'an Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 28.6.20 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.