Antisipasi Karlahut, Kapolres Rohul Bersama Pemkab Rohul Akan Bangun 3 Posko

Media Swara Semesta (10/3/2021),

Pasir Pengaraian- Dari vicon terkait kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) bersama Gubernur Riau (Gubri) di kantor Dinas Komunikasi dan informasi (Kominfo) Rohul, Kapolres Rohul bersama Pemkab Rohul akan bangun tiga posko karlahut.

Tiga posko karlahut yang akan dibangun kata Kapolres Rohul, di tiga kecamatan yakni Kabun, Rokan IV Koto dan Bonai Darussalam, yang merupakan daerah rawan karlahut .

"Kita akan bangun posko karlahut, dan kita akan siapkan tim gabungan termasuk peralatan pendukung karlahut sehingga bila ada kebakaran lahan kita bisa segera melakukan penangannya," kata Kapolres AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, saat meninjau peralatan penanganan Karlahut bersama Sekda Abdul Haris, Danramil 02/ Rambah, Kepala Pelaksana harian (BPBD) Rohul Zulkifli Said, Sekretaris BPBS, Kasipium Kejari Rohul dan petugas lainnya.

Kapolres mengatakan, saat melihat peralatan Karlahut di gudang BPBD dirinya menyatakan bahwa kelengkapan alat tuk penanangan Karlahut milik Pemkab lengkap. Termasuk didukung mobil penyuplai air, termasuk dapur umum dan kendaraan pengangkut peralatan.

"Kita melihat pendukung untuk pemadaman karlahut sudah lengkap dan mendukung, sehingga nantinya saat terjadi karlahut bisa membantu memadamkan api, juga didukung personel gabungan yang ada," ungkap Taifiq.

Kemudian, personel Polri dan tim gaungan setiap saat memantau dan giat patroli memantau karlahut terutama di daerah daerah rawan karlahut. 

"Sampai hari ini di Rohul belum ditemukan titik api, kita berharap tahun ini Rohul juga zero titik api seperti tahun 2019 dan 2020 lalu. Namun pentingnya seluruh elemen masyarakat agar tidak membakar lahan saat membuka lahan pertanian atau perkebunan," ucap Kapolres.

Sedangkan Sekda Rohul Abdul Haris menyatakan, Pemkab siap mendukung Rohul nihil atau zero titik api, Pemkab siap mendukung kegiatan penanggulangan karlahut, baik dari peralatan serta personel.

"Kita juga minta BPBD menyiapkan pembangunan 3 posko karlahut, kemudian mengecek seluruh peralatan sehingga saat dibutuhkan bisa berfungsi," harap Sekda Abdul Haris.

Jelasnya kata Sekda seluruh elemen masyarakat agar bersama sama mencegah karlahut, juga peran serta masyarakat menjaga lingkungannya agar tidak ada karlahut. Pemkab siap kapan saja dibutuhkan akan membantu penangan karlahut bila terjadi sewaktu waktu di Rohul ini. 


(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Antisipasi Karlahut, Kapolres Rohul Bersama Pemkab Rohul Akan Bangun 3 Posko Antisipasi Karlahut, Kapolres Rohul Bersama Pemkab Rohul Akan Bangun 3 Posko Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 9.3.21 Rating: 5

No comments:

Theme images by Jason Morrow. Powered by Blogger.