Surat Bebas Narkoba Akan Jadi Syarat Baru untuk Menikah di Padang

Media Swara Semesta (5/3/2021),

Pemerintah dan DPRD Kota Padang, Sumatera Barat menggodok aturan baru untuk syarat menikah. Beberapa di antaranya, dicantumkannya surat bebas narkoba dan surat keterangan sehat calon pengantin.

"Sebelum menikah harus dipersiapkan pranikahnya. Kemudian kami akan menambah aturan untuk persyaratan nikah yakni wajib melampirkan surat bebas narkoba dan surat keterangan sehat," kata Sekretaris Komisi IV DPRD Padang, Faisal Nasir, Jumat (5/3/2021).

Faisal menambahkan, aturan baru itu nantinya akan masuk ke lampiran syarat pernikahan dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga. Hal ini dilakukan agar bisa menekan angka perceraian yang tinggi di Kota Padang.

"Aturan itu hanya untuk memberi tahu calon mertuanya apakah calon menantunya positif narkoba atau tidak. Meskipun wajib dilampirkan namun tidak menjadikan itu membatalkannya menikah," katanya. 

Lebih lanjut Faisal mengatakan, aturan itu akan masuk ke dalam perda untuk menjaga keutuhan keluarga. Sehingga, jangan sampai pacaran enam tahun tapi enam bulan menikah berpisah tanpa tahu permasalahan sebenarnya.

"Maka, perlu disiapkan pranikah, regulasi, sampai ke persyaratannya saat menikah," katanya.

Menurut dia, tujuan dilampirkan surat bebas narkoba itu agar tidak terjadi konflik saat membina rumah tangga dan bisa menekan angka perceraian yang tinggi di Padang.

Selain itu, katanya, aturan itu juga berguna untuk mengantisipasi para generasi muda supaya tidak mendekati narkoba, dan serta memberikan rasa takut dan malu apabila ketahuan positif narkoba oleh pihak calon pasangan sehingga bisa membuatnya berhenti memakai narkoba.

Aturan itu sendiri masih dalam pembahasan dan masih menjadi perdebatan, namun aturan itu sudah ada diatur pada Pergub DKI Jakarta. Maka, untuk mendalami aturan itu, pihaknya berencana berkunjung ke daerah tersebut untuk melakukan studi banding.

Selain wajib melampirkan surat bebas narkoba dan surat keterangan sehat, pihaknya juga akan mengusulkan dalam persyaratan nikah, calon pengantin wajib melampirkan surat izin dari kepala kaum.

"Tujuan persyaratan itu pun supaya setiap kemenakan yang ingin berkeluarga terlebih dahulu diproses oleh kaumnya sendiri," kata dia.

Dia menambahkan, Perda Pembangunan Ketahanan Keluarga diciptakan untuk menjadikan keluarga yang sakinah, menjalankan perintah agama, anak-anak yang bermoral dan berakhlak, serta tidak terjadi kekerasan dalam rumah tangga.



(ins/an)


Surat Bebas Narkoba Akan Jadi Syarat Baru untuk Menikah di Padang Surat Bebas Narkoba Akan Jadi Syarat Baru untuk Menikah di Padang Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 4.3.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.