Santri Diusulkan Dapat Dispensasi Tetap Bisa Mudik Lebaran

Media Swara Semesta (24/4/2021),

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menilai perlu adanya keringanan atau dispensasi untuk para santri yang hendak pulang ke rumah usai pemerintah melarang warga mudik Lebaran 2021. 

Karena itu, ia berharap ada kompensasi yang diberikan dari setiap daerah kepada santri-santri yang akan masuk ke wilayahnya.

Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi mengungkapkan kalau biasanya para santri itu melakukan berbagai kajian di pondok pesantren selama bulan ramadhan berlangsung. Setelah selesai, para santri itu pun akan pulang ke rumahnya masing-masing.

Namun, rencana santri tersebut bakal terhalang dengan keputusan pemerintah yang melarang masyarakat untuk mudik.

“Oleh sebab itu, hal ini perlu ada semacam dispensasi,” kata Masduki dalam video yang diterima, Jumat (23/4/2021).

Ma’ruf disebutkan Masduki meminta supaya dispensasi itu bisa diberikan kepada santri supaya mereka tidak dikenakan aturan-aturan ketat perihal larangan mudik.

Masduki pun mencontohkan dengan Provinsi Jawa Timur yang sudah memberikan kelonggaran pada para santri yang hendak pulang ke rumahnya.

Langkah Provinsi Jawa Timur tersebut diharapkannya juga diikuti oleh Jawa Barat, Jawa Tengah ataupun daerah-daerah lainnya.

Kalau memang diperlukan, Ma’ruf juga meminta kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk membuat surat secara khusus untuk memperlancar permohonan dispensasi tersebut.

“Supaya ada dispensasi, itu penting agar santri yang pulang belajar, bisa pulang bertemu dengan orang tuanya dengan lancar,” tandasnya.


(dgr/an)

Santri Diusulkan Dapat Dispensasi Tetap Bisa Mudik Lebaran Santri Diusulkan Dapat Dispensasi Tetap Bisa Mudik Lebaran Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 23.4.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.