Breaking News



Ngiklan Murah Disini Yuk!!

Jokowi Ingatkan Bobby APBD Medan Masih Mengendap di Bank

Responsive Ad Here

Berita Gambar

Media Swara Semesta (17/9/2021)

Sorotan terhadap APBD Kota Medan yang masih tersimpan di bank senilai Rp 1,8 triliun disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Walkot Medan Bobby Nasution diminta segera merealisasikannya.

Sorotan Jokowi itu disampaikan saat memberikan arahan kepada Forkopimda Sumut di rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (16/9/2021). Jokowi awalnya berbicara soal pertumbuhan ekonomi di Sumut di angka 4,95 persen.

"Di sumut hati-hati, pertumbuhan ekonomi di 4,95, berarti di bawah nasional, nasional 7,30. Inflasi sudah di atas nasional. Kita 1,5, inflasi di sini 2,1 persen. Hati-hati dengan inflasi. Artinya, ada barang-barang yang akan naik harganya di Sumatera Utara," kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan angka pertumbuhan ekonomi di Sumut bisa turun jika COVID-19 tidak dapat dikendalikan. Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi ini, kata Jokowi, yang harus dilakukan adalah realisasi APBD.

"Realisasi APBD di Sumut 55,2 persen. Yang paling rendah di Mandailing Natal, 28 persen, hati-hati," ucap Jokowi.

Setelah itu, Jokowi berbicara soal APBD yang masih tersimpan di bank. Jokowi menegur Wali Kota Medan Bobby Nasution karena APBD yang tersimpan di bank mencapai Rp 1,8 triliun.

"APBD (Sumut) di bank Rp 1,3 triliun, yang terbesar Medan, sudah dicek. Yang bagus APBD realisasi investasi (Sumut) Rp 4,1 triliun dan PMDN 9,9. Cek betul angka-angka ini. Saya dapat data dari Menteri Keuangan, nggak akan meleset. Segera lakukan realisasi, serapan anggaran secepatnya, sehingga memudahkan ekonomi di daerah," jelas Jokowi.

Jokowi kembali mengingatkan untuk bersungguh-sungguh meningkatkan ekonomi daerah. Dia mengingatkan kondisi pandemi saat ini tidak sama dengan kondisi saat belum ada pandemi.

"Jangan seperti tahun-tahun normal. Ini adalah dua tahun ini, tahun 2020 dan 2021 tahun, yang tidak normal," terang Jokowi.(red)


0 Comments