BMKG: Nias Barat Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo

Berita Gambar

Media Swara Semesta (3/11/2021)

Nias diguncang gempa terkini berkekuatan 5,0 magnitudo, Selasa 2 November 2021 malam. Dipastikan gempa tersebut tak sampai memicu tsunami.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa 2 Nopember 2021, menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pukul 20.39 WIB. Pusat gempa berlokasi di laut, 138 kilometer arah barat daya Nias Barat, Sumatera Utara. Kedalamannya, 10 kilometer.

Gempa pertama terjadi dari lokasi yang sama, 130 kilometer arah barat daya, pada dinihari tadi, Pukul 00.04 WIB, dengan kekuatan M 5,9--sempat disebut M 6,2. Hingga pagi harinya, BMKG mencatat 10 kali gempa susulan di Nias Barat.

Gempa utama disebutkan bersumber dari luar zona subduksi, bukan zona megathrust yang berpotensi produksi gempa besar. "Ini dicirikan dengan mekanisme sumbernya yang berupa sesar turun (normal fault)," kata Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Guncangan gempa saat itu dirasakan di daerah Nias Barat, Kepulauan Mentawai, Nias Utara, dan Nias Selatan dengan skala intensitas III-IV MMI. Getaran terasa nyata di dalam rumah seakan ada truk yang melintas hingga membuat pintu dan jendela berderik, dinding berbunyi, hingga bisa memecahkan gerabah.

Gempa juga terasa hingga Aceh, Singkil dengan skala III MMI. Sementara di Gunung Sitoli dalam skala intensitas II-III MMI, dan Pak Pak Barat II MMI, atau gempa hanya dirasakan sebagian orang.


(red)

BMKG: Nias Barat Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo BMKG: Nias Barat Diguncang Gempa 5,0 Magnitudo Reviewed by MEDIA SWARA SEMESTA on 2.11.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Gambar tema oleh Jason Morrow. Diberdayakan oleh Blogger.